Motivasi, Passion dan Kebertahanan oleh Tanadi Santoso

M3: Success: Motivasi, Passion, dan Kebertahanan.

Apa yang membuat seseorang menjadi sukses? Banyak sekali teori tentang “passion”, “motivasi”, “luck”, “opportunities” dan berbagai teori lainnya. Tetapi ada satu hal yang sering dilupakan orang, yaitu ketahanan dalam menjalani proses.

Semua pekerjaan yang kita cintai terasa hebat, menarik, keren, dan kita kerjakan dengan sebaik baiknya. Tetapi dalam perjalanannya, sering kebosanan mulai menyeruak, kesulitan tak kunjung berhenti, dan kepahitan tidak mau juga selesai. Kita memasuki kebosanan dan kejenuhan dan kelelahan, sementara titik terang belum juga terlihat.

Pada saat seperti itulah sebuah ketahanan untuk terus menjalankan proses sukses menjadi sebuah kunci. Hanya segelintir orang yang akan tetap bertahan dan terus berupaya dan menjadi lebih baik dan mengerjakan dengan lebih tekun.

Kalau saja saya punya sebuah produk yang hebat; Kalau saja orang kunci saya tidak keluar; Kalau saja ada sebuah deal besar; Kalau saja…….. Semua itu perlu, tetapi justru pada keseharian yang tidak “luar biasa” lah kita ditempa untuk menjadi lebih baik dalam mengerjakan kerja kita. Sukses bukanlah sebuah “kejadian”, tetapi perjalanan panjang dalam ketahanan kita memperbaiki diri terus menerus.

Bukannya kurus 6 kilo dalam 3 bulan yang seharusnya kita kejar, tetapi sebuah proses hidup sehat, diet makanan, dan berolah raga, yang membuat kita bertahan menjadi kurus. Bukan menulis sebuah buku best seller yang penting, tetapi terus menulis dan membuat buku dengan sebaik baiknya. Proses membuahkan sukses, kejadian hanyalah hasil samping dari proses yang kita lakukan dengan disiplin.

Saat sedang sukses, semua orang pasti termotivasi dengan penuh passion. Tetapi kalau kita lihat dalam sejarah orang sukses, justru: Kerelaan kita untuk mengerjakan dengan sepenuh hati, ketika perjalanan bisnis sedang sulit, ketika semua telah mulai menyerah, adalah kunci dalam proses sukses setiap individu dan perusahaan yang berhasil.

Tanadi Santoso.

[xyz-ihs snippet=”1PPCStatic”]

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.