Ruang Digital, Ulas Buku

Pasar Besar Teknologi di Masa Depan

Sudah mendengar munculnya aplikasi untuk ojek dan angkutan alternatif lainnya? Saya yakin sudah. Teknologi semakin berkembang, membangun banyak sistem yang mau tidak mau membuat regulasi terkait akan berubah, cepat atau pun lambat. Teknologi tidak ditahan apalagi dilawan, seiring perjalanan perkembangan dunia modern, peraturan-peraturan pun akan menyesuaikan dengan kemunculan semua sistem-sistem itu.

Ini menunjukkan, ada pasar besar di dunia teknologi bahkan mungkin sangat besar. Pasar besar teknologi ini pula yang dibidik oleh beberapa perusahaan dengan berbagai macam inovasinya. Ada yang bergerak dibidang ecommerce, ada yang membangun sistem transportasi baik umum maupun alternatife, ada pula yang fokus dalam bidang keamanan.

Berbagai macam penggabungan teknologi pun mulai bermunculan, salah satunya yang dikenal dengan internet of things. Menggabungkan teknologi informasi dengan benda-benda sehingga bisa dikontrol melalui server dan internet. Contohnya seperti pembuatan e-ktp, kartu tol dan sistem keamanan kendaraan.

Pasar besar teknologi di Indonesia ini secara simultan menggerakan inovasi antar perusahaan untuk bersaing memberikan layanan yang baik. Dengan konsep masing-masing tentunya. Hal itu pula yang membuat perusahaan BUMN ikut mulai melirik pasar besar teknologi ini untuk tetap ikut bersaing di masa depan.

Dalam sepengetahuan saya, salah satu BUMN yang bergerak aktif dibidang teknologi dan keamanan beserta inovasinya adalah Len Industri dan Pindad. Pindad telah berhasil menggabungkan teknologi rekayasa dengan hasil pelatihan manusia untuk membangun sistem persenjataan yang mumpuni bagi prajurit TNI. Sementara Len Industri membuat banyak sistem untuk kepentingan negara dan masyarakat banyak, salah satunya adalah sinyal kereta api.

Besarnya pasar teknologi di masa depan ini juga perlu untuk direspon dengan hati-hati, karena tidak semua hal di dunia bisa dimasukkan atau diteknologikan. Karena teknologi pun memiliki batasan.

Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *