Ruang Digital

Pembangkit Tenaga Surya Hasil Karya BUMN Len Industri

Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida Surya-Diesel merupakan salah satu alternatif PLTS yang memanfaatkan sumber energi gabungan yaitu tenaga surya dan motor diesel. Pembangkit listrik ini dikembangkan oleh BUMN Len Industri yang berbasis di Bandung.

PLT Hibrida Surya-Diesel sangat sesuai digunakan di daerah yang tidak terjangkau listrik konvensional dan memiliki distribusi populasi yang terpusat, sehingga jarak satu rumah dengan yang lainnya relatif berdekatan.

pembangkit-listrik-karya-bumn-len-industri

PLT Hibrida Surya-Diesel memiliki 4 komponen :

a. Power Management Static Power Pack (SPP)
Unit ini digunakan selain untuk merubah tegangan DC menjadi tegangan AC 3 Fasa, juga berfungsi sebagai sistem pengendali yang mengatur proses pengisian baterei dari panel surya dan generator diesel.

b. Solar Array
Solar array merupakan serangkaian panel surya yang akan menangkap sinar matahari sebagai sumber energi. Pada siang hari, solar array merubah tenaga surya menjadi listrik yang disimpan di dalam baterei untuk digunakan kemudian.

c. Baterei
Baterei digunakan untuk menyimpan listrik yang dihasilkan oleh solar array.

d. Generator Diesel
Generator diesel digunakan sebagai sumber energi komplementer untuk menghasilkan listrik secara optimal. Pada saat beban rendah, generator diesel secara otomatis akan mati. Pada saat beban tinggi atau ketika listrik di dalam baterei minimum, generator diesel akan bekerja untuk menghasilkan listrik yang diperlukan.

Baca juga:

  1. Software e-learning, sistem pemebelajaran berbasis teknologi
  2. Teknologi radar pemantau pesawat dan kapal

BUMN Len Industri memiliki banyak hasil karya teknologi, yang tentu sangat dikenali adalah sistem KTP Elektronik atau biasa disebut e-ktp. Dan banyak lagi hasil-hasil inovasi canggih dibidang teknologi elektronik yang dibangun oleh Len Industri. Semoga dalam pemerintahan yang sekarang ini, inovasi serta karya putra bangsa lebih dihormati bukan malah dimasukkan ke dalam bui.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

1 thought on “Pembangkit Tenaga Surya Hasil Karya BUMN Len Industri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *