Kika Syafii

Terus Merasa Bodoh dan Menolak Tua

Pengusaha dan Hutang

Di seminar yang bertema “UKM menuju Global” di sebuah Restoran yang terletak di sekitar BSD Tangerang. Saya mendapatkan kesempatan menjadi pembicara di puncak acara. Tema presentasi yang saya bawakan berjudul “7 step to be entrepreneur”, tema yang tanpa dinyana merebut dan merubah banyak perhatian dari peserta yang rata-rata adalah pengusaha pemula, UKM dan atau calon pengusaha.

Dalam 7 langkah yang saya bawakan, langkah ke 4 menjadi titik perhatian besar dari sebagian peserta. Karena modal (financial) akan menjadi tantangan kedua setelah “keinginan” mulai sebagai tantangan pertama. Mendirikan usaha, tentu tidak lepas dari kondisi uang yang hadir di setiap kantong. Sebab, situasi kantong sering mempengaruhi pola pikir seseorang.

Dan mengeluhkan kondisi keuangan juga bukan hal yang bagus untuk terus menerus dilakukan. Banyak cara untuk mendapatkan uang. Banyak cara juga untuk mengajukan pinjaman/hutang ke berbagai pihak. Teman, saudara, orang tua bahkan lembaga perbankan. Buka mata. Banyak bermunculan fasilitas-fasilitas yang memudahkan (dewasa ini) diberikan oleh lembaga Perbankan. Fasilitas yang memudahkan akan banyak membantu pergerakan usaha yang sedang dijalani.

Banyak Bank yang mulai menggulirkan ide-idenya untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada pengguna. Mari kita sebut Citibank. Citibank dengan Citibank Ready Credit-nya juga telah memulai (pioneer) dengan memberikan langkah peminjaman (hard cash) secara lebih mudah. Pengguna memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri jumlah pinjaman yang diinginkan. Pengguna juga bisa mengatur cara pembayarannya dengan mengajukan bunga per hari atau periode (biasa disebut bunga fix).

Sebagai pengusaha, sudah tentu (pernah/akan) mengalami kesulitan untuk membayar gaji karyawan bukan? Fasilitas CRC ini, tentu akan sangat membantu kita kala membutuhkan pinjaman cash guna mengganti biaya gaji yang memang sudah harus turun sementara pemasukan (invoice) terlambat dibayar, kemudian kita bisa melunasinya kapanpun saat kita sudah sanggup melunasinya . Proses pengajuannya pun tidak lama, maksimal 7 hari.

Uniknya lagi, sesuai dengan pengalaman saya. Di beberapa Bank, kita (pengguna) dikenai biaya tahunan dan juga charges apabila akan melunasi pinjaman yang sedang dijalani. Yang terkadang muncul jumlah charges-nya yang tidak masuk akal. Berbeda dengan Citibank Ready Credit (CRC) ini yang tidak mengenakan biaya tambahan untuk pelunasan. Unik ya? Referensi lain, silahkan Anda buka sendiri di link Citibank Ready Credit.

Pengusaha dan hutang, sudah tentu sulit dipisahkan. Sebagai pengusaha dengan karyawan yang mulai “gemuk”, saya juga sering mengalami kesulitan manakala beberapa project mengalami hambatan atau terlambat selesai, hingga keuangan pun tersendat.

Maka menggunakan fasilitas atau manfaat dari sebuah lembaga perbankan menjadi salah satu solusi tepat untuk dilakukan. Manakala situasi dan kondisi usaha/bisnis kita memang memadai untuk itu. Tetap ada peringatan yang harus di ingat, yaitu mengkalkulasikan semunya. Pinjaman dan resiko pinjaman harus dihitung dengan detail, agar bisnis yang dijalankan ke depannya tetap bisa berjalan dengan baik.

Jangan lupa, kabari istri atau teman terdekat untuk diajak berdiskusi apabila muncul ide untuk mengajukan pinjaman/hutang. Karena dalam lingkungan bisnis, semua sudah tentu ada resikonya. Pengusaha dan Hutang itu sudah seperti suami istri, susah dipisahkan.

Selamat berbisnis. No pain no gain.

Salam Kreatif

3 Discussions on
“Pengusaha dan Hutang”
  • Masih belum berani ngutang di perbankan.
    Soalnya belum tau mau bayar hutangnya pake apa, wkwkwk…
    Salah2 malah diangkut barang yang dijaminkan karena gak sanggup bayar 😀
    Beda sih kalo emang udah punya usaha.
    Kalo emang mau kembangi usaha dan butuh modal, boleh2 aja ngutang di bank.
    Asal sanggup bayar 🙂

  • Gue belum berani untuk ngutang di perbankan gitu.
    biasanya gue ngelakuin kerja yang gak butuh modal dulu.
    lalu uang nya di lakukan untuk mendirikan usaha yang di inginkan.

Leave A Comment

Your email address will not be published.