Perilaku Kecil Orang Besar

How to Drive Value Your Way

Sedikit orang berhasil mendapatkan lebih banyak dari yang dilakukan oleh sebagian besar orang lain, bahkan mungkin sangat lebih banyak. Anda tentu bisa menyebutkan beberapa orang yang sudah menjadi Business Trend Set di Indonesia. Sebutlah ada Hermawan Kertajaya, Bob Sadino, Tanadi Santoso dan banyak lagi.

Mereka bekerja keras? Sudah pasti. Dan tentunya mereka juga bekerja cerdas. Lebih cerdas dibanding orang lain, bahkan orang lain disekelilingnya. Lalu apa pembeda yang membuat mereka mendapatkan lebih banyak dari yang orang lain dapatkan? Terutama dari hal bisnis yang mereka lakukan.

Pembedanya adalah kualitas. Mereka tetap produktif dengan segala macam hal yang menghampirinya. Itulah kualitas. Tetap berjalan meski mendapat ejekan dan rintangan, itulah yang tetap dilakukan oleh mereka.

Bekerja terlalu keras, berusaha terlalu keras, akan tampak terlalu ambisius. Cobalah untuk berdiri keluar sedikit dari keramaian. Silent productivities jauh lebih mudah, disamping juga lebih memudahkan untuk menyesuaikan hasil yang ingin dicapai. Terkadang memang menyenangkan berada dalam kerumunan atau keramaian, bahkan banyak anggapan bahwa bekerja dengan itu bisa membuat kita lebih maksimal mengerjakan sesuatu.

Tapi tidak selalu mudah menghindari kritik, tidak selalu mudah pula menanggung tawa mengejek yang diberikan orang lain. Dan sangatlah tidak mudah untuk menghindari permusuhan dari orang-orang yang mungkin tidak bisa menerima keberhasilan atau ide hebat milik kita. Dengan berbagai macam cara mereka bersikap. Tetaplah berupaya dengan standar diri sendiri sembari terus mengukur dengan kekuatan yang dimiliki.

Dan, dalam proses mencapai apa yang mereka ingin capai, mereka tidak takut untuk melihat lebih jauh, berusaha lebih jauh. Salah satu klien saya memiliki cara yang luar biasa, hingga berhasil memasuki pasar kostum olahraga terutama bidang sepakbola. Dia luar biasa baik. Namun dia masih memiliki ketakutan bila harus berjalan dengan satu kaki untuk menjalankan bisnisnya secara penuh.

Kita tidak butuh untuk takut, yang dibutuhkan adalah keberanian untuk melakukan hal-hal sederhana diluar pemikirann orang lain atau bahkan diluar kemauan orang lain. Kita hidup untuk diri sendiri bukan orang lain, orang lain adalah kewajiban kita sebagai makhluk sosial.

Sangat wajar bila kita gugup saat menuju hal yang besar, sangatlah wajar bila kita takut saat akan mencapai hal-hal yang spektakuler. Orang yang produktif tidak akan takut mendengar pendapat orang lain, dia hanya takut akan dirinya sendiri. Rasa takut akan melumpuhkan tindakan yang baik bahkan mempengaruhi kepercayaan dan keyakinan diri.

Orang yang memiliki produktifitas dengan kualitas yang baik tetap bisa melakukan semua pekerjaannya bahkan pada hari yang buruk sekalipun. Meski sebenarnya tidak ada hari yang buruk. Orang sukses tidak memiliki alasan lain selain alasan untuk terus maju. Terus maju dengan membangun kebiasaan besar untuk merubahnya dengan menggunakan waktu dan usaha yang besar pula. Mereka juga tahu benar bahwa mudah untuk membuat kebiasaan buruk ke dalam aktifitasnya meski hanya sedikit, oleh karenanya mereka menyingkirkannya.

Kreatifitas adalah hasil usaha. Kreatifitas tidak berasal dari inspirasi. Sebagian orang menunggu ide baru berjalan, kenapa bukan berjalan sembari menunggu ide? Bahkan banyak yang berharap pada orang lain untuk membuat sesuatu cara yang baru. Kreatifitas adalah sebuah adonan dari cara pendekatan yang baru dengan konsep baru.

Ide-ide besar hanya datang kepada orang-orang yang terus berusaha, berjuang keras. Meramu, menguji dan bereksperimen dengan pekerjaan itu sendiri hingga menghasilkan kreatifitas yang menginspirasi. Hebatnya orang produktif tidak menunggu ide. Mereka tidak menunggu inspirasi. Mereka tahu bahwa ide-ide besar yang paling sering datang dari orang yang melakukan, bukan orang-orang yang bermimpi.

Bantuan itu penting, bukan kelemahan. Orang-orang besar memahami bahwa tidak ada orang yang bisa melakukan segala hal, tidak ada orang yang tahu segalanya. Mintalah bantuan. Meminta bantuan adalah bentuk kekuatan. Orang sangat produktif juga meminta bantuan. Mereka tahu meminta bantuan adalah tanda kekuatan – dan kunci untuk mencapai lebih banyak. Mereka meminta bantuan tanpa kecuali termasuk bantuan dari bank.

Dan hal paling penting yang harus dilakukan adalah segeralah memulai. Jangan tempatkan diri ke dalam lingkaran ketidakpastian. Perilaku kecil orang besar adalah MULAI.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Salam Kreatif.

You may also like

5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *