Ruang Digital

Persiapan Penting dalam Membangun Website yang Diinginkan

“Mas, saya ingin bikin website untuk kepentingan bisnis baru saya. Berapa biayanya?”, tanya klien

“Apakah sudah ada roadmap untuk webnya?, karena disitu saya bisa memberi kepastian harga”, jawab saya.

“Persis seperti website xxxx.com itu Mas. Hanya dikurangi sedikit saja”, jelasnya.

“Oooohh seperti itu, apakah bisa saya digambarkan detailnya?” tanya saya.

“Hmmm kalau begitu coba mas bikin sitemapnya dan tawarkan ke saya”, jawabnya.

—||

Sering, dan sangat sering. Orang yang ingin membuat website tidak memahami apa yang ingin dibangun. Mereka hanya bisa mencontohkan seperti apa tanpa bisa menjelaskan lebih detail apalagi menggambarkannya. Mengapa developer seperti saya membutuhkan penjelasan yang detail? Karena disitu akan terlihat berapa lama serta seberapa sulit development yang akan dilakukan.

Selain itu, dengan penggambaran yang jelas, maka komunikasi akan lebih bisa nyambung antara klien dan programmer. Ini sangat penting. Sehingga proses membangun website bisa menjadi lebih mudah dan saling memahami.

Dan sebenarnya juga, sudah banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat roadmap yang jelas. Untuk pengguna Windows bisa menggunakan Mindjet dan untuk pengguna Macbook bisa menggunakan MindMaple. Dan saya rasa yang gratis / lite juga banyak, jadi bisa lebih mudah untuk menggambarkan keinginan dalam membangun website. Persiapan membangun website dengan menggambarkan sitemap sangatlah penting. Jadi perlu untuk membiasakan diri dengan ini semua.

Lihat contoh tentang wireframe juga disini.

Salam Kreatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *