Banner Praxis Academy

Praxis Academy, Sekolah Terapan Bidang Pemrograman

Dunia teknologi semakin berkembang, kebutuhan untuk hal ini juga semakin tinggi. Namun permintaan belum sebanding dengan banyaknya tenaga ahli yang dibutuhkan, terutama di Indonesia. Belum ada solusi dari kebutuhan tenaga ahli pemrograman dalam dunia kerja. Banyaknya kampus maupun lembaga kursus teknologi ternyata masih belum memenuhi.

Sepanjang pengamatan saya, minimnya lulusan bidang teknologi yang berkualitas dikarenakan belum atau tidak fokusnya lembaga pendidikan dalam memposisikan ilmu terapan. Pendidikannya masih tercampur dengan banyaknya ilmu lain, sehingga menggerus minat atau bakat siswa. Di luar negeri, sekolah berbasis minat menjamur sehingga kepandaian siswa benar-benar terfokus dalam sedikit bidang hingga mumpuni.

Berasal dari ini, beberapa teman programmer ikut tergerak untuk membangun sekolah sosial terapan bidang pemrograman atau dalam bahasa umumnya IT. Maka lahirlah Praxis Academy.

Apa itu Praxis Academy?

Praxis Academy adalah sekolah pemrograman yang khusus menangani aplikasi level enterprise. Kami menggunakan platform Java untuk sisi back end dan JavaScript untuk sisi front end. Sekolah ini didirikan tahun 2019 setelah melihat adanya kesenjangan yang signifikan antara dunia industri dengan dunia pendidikan. Tujuan utama dari pendirian sekolah ini adalah menjembatani dunia industri software dengan calon-calon SDM yang akan berkiprah di industri software tersebut. Sekolah ini didirikan sebagai hasil kerjasama antara pelaku di industri software serta praktisi bidang pendidikan yang secara khusus memang mendedikasikan diri di bidang teknologi software.

Program pendidikan di Praxis menerapkan program intensif belajar coding dengan setting aplikasi enterprise. Aplikasi enterprise merupakan aplikasi skala besar dan melibatkan sistem yang terdistribusi. Pada program ini, siswa akan mendapatkan pelatihan intensif serta berbagai challenges terkait dengan pembangunan aplikasi enterprise. Pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini merupakan pengetahuan pada multi-tier / full stack application yang terdiri atas komponen front end (UI/UX) maupun komponen back end (business logic serta data storage and processing).

Pengampu didalamnya merupakan sumber daya manusia muda yang berbakat serta berpengalaman dibidangnya dan terbukti mendedikasikan hidupnya dalam dunia pemrograman.

Tahapan Pendidikan

Praxis Academy membagi tahapan pendidikannya melalui beberapa tahapan demi memudahkan kegiatan belajar mengajar untuk siswa. Seperti apa tahapannya? Berikut ini tahapannya:

  • Tahap novice: siswa dianggap mempunyai cukup dasar untuk masuk ke proses. Tahap ini berisi pemberian teori, praktik, dan latihan intensif (1 bulan pertama) dengan tujuan untuk membentuk mental dan skill developer.
  • Tahap initiator: siswa dianggap mempunyai kemampuan teknis yang mencukupi dan siap untuk mempunyai inisiatif dalam membuat software tertentu. Tahap ini dilakukan dengan membuat software sesuai dengan skill siswa bagi masing-masing siswa (2 minggu).
  • Tahap team player: siswa dianggap mempunyai kemampuan individual yang memadai dan bisa menggunakan kemampuan individual mereka untuk pembuatan software secara berkelompok (2 bulan). Pada tahap ini, siswa juga mulai diminta untuk mulai berkontribusi ke proyek-proyek open source yang ada di Github maupun penyedia repo lainnya (BitBucketGitLab, dan lain-lain).

Galeri Kegiatan

Bagaimana Materi Kurikulumnya?

Materi umum yang akan diperkenalkan adalah tentang teknologi software, development dan lingkungan dalam dunia teknologi. Selanjutnya semakin dalam akan diajarkan tentang bagaimana logika pemrograman hingga pada praktek coding. Satu hal yang Praxis Academy tekankan dan bisa menjadi hal utama, adanya pekerjaan proyek yang akan disediakan untuk siswa dalam mengembangkan ilmunya, baik itu non profit maupun profit.

Selanjutnya, silahkan kunjungi website Praxis Academy untuk lebih detil.

Profil Praxis Academy bisa di donlod dibawah ini:

Salam sukses.

3 comments / Add your comment below

Leave a Reply

%d bloggers like this: