Ramalan 2014, Kuda Kayu dan Tahun Spekulatif

Ramalan 2014, Kuda Kayu dan Tahun Spekulatif

Ramalan 2014. Imlek datang lagi. Sang Ular perlahan turun dari tahtanya dan digantikan oleh Kuda yang Perkasa. Inilah tahun dimana spekulasi, kerja keras, dan kemampuan diplomatis anda diuji sebenar – benarnya. Selayaknya keseharian dalam dunia bisnis, gambling atau spekulasi tidak akan bisa dihindari; apalagi bila urusannya adalah strategic planning jangka panjang. Diperlukan pertimbangan dan kewaspadaan extra untuk anda yang memiliki karakter risk taker. Resiko yang anda pilih bisa saja berbuah jauh berlipat – lipat, tapi bisa juga sesuatu yang tampaknya menjanjikan justru tidak berbuah seperti yang dikehendaki.

Kuda adalah hewan yang sangat dinamis. Dalam waktu singkat, semangatnya yang mengguebu – gebu bisa menarik beban hingga ribuan kilometer. Namun jangan tanya bila dia sedang mogok; joki terpandai pun kesulitan membujuknya maju selangkah. Demikian pula tahun ini, dimana pergerakan energi bisa naik dan turun secara dramatis. Elemen kayu menyiratkan sifat keras – teguh dipadukan dengan api langit, membuat tahun 2014 membara. Kepandaian dan persiapan anda lah yang harus mengendalikan bara ini; apakah ia bisa membawa manfaat atau menghanguskan anda.

Bagi anda yang berkarier, hendaknya mulai mawas diri dan mampu menahan lidah. Adalah lebih baik untuk tampak solid dan reliable tahun ini. Sikap emosional dan ambisius tidak terlalu cocok dengan Sang Kuda yang punya harga diri tinggi. Merunduk dan siaga, kerja keras adalah kunci utamanya. Tahun dengan unsur Kayu – Api akan membawa ketidak seimbangan dan mudah merusak keharmonisan kerja. Ini adalah tahun untuk berbesar hati apabila anda tiba – tiba dihadapkan pada perkara yang menyakitkan hati ataupun anda rasa kurang adil. Ingatlah bahwa pada akhirnya semua manusia akan mendapatkan keadilan dari Yang Maha Kuasa.

Bagi para pemilik bisnis, inilah tahun dimana inovasi sangat diperlukan. Perubahan – perubahan kecil yang bisa menyegarkan suasana ada baiknya dicoba. Namun tentunya tidak melupakan prinsip kewaspadaan bisnis dan perhitungan yang matang. Ini bukan tahun yang super mudah namun juga bukan tanpa harapan. Jangan terburu nafsu dan emosi dalam menyelesaikan segala perselisihan; sebaliknya, kerahkan segala kemampuan diplomasi anda untuk menyelamatkan keadaan. Siapa tahu hasilnya justru lebih baik dari yang anda perkirakan. Persaingan akan sangat ketat dan selalu lebih baik menambah kawan daripada lawan.

Bidang politik dan ekonomi akan memunculkan banyak diplomat – diplomat handal. Inilah tahun dimana aliansi strategis sangat dibutuhkan. Karenanya, strategi dan tangan dingin para diplomat akan benar – benar diuji. Yang kuat tidak selamanya menang, tapi yang cerdas akan lolos dari lubang jarum. Tahun Kuda ini adalah tahun ketidak pastian dimana berbagai perubahan bisa membuat anda sport jantung dan terbengong – bengong. Tahun agresif dan pemberontakan dimana kepandaian dan kekuatan anda yang menduduki posisi pimpinan sungguh diuji. Selayaknya pepatah Cina Kuno, dikatakan bahwa langit atau nasib berperan 30% saja, sisanya 70% adalah usaha manusia; maka dalam menghadapi tahun Kuda Kayu 2014, marilah kita tetap berusaha memberikan yang terbaik.

Peruntungan Tiap Shio di Tahun Kuda Kayu 2014:

Shio Tikus (1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008)
Kepercayaan diri anda yang besar tidak diiringi bitang keberuntungan yang cemerlang. Ada baiknya anda tidak terlalu memaksakan diri di tahun ini dan mengalir seperti air. Terutama bagi anda yang berusaia 30 dan 42 tahun; adalah sangat baik bila anda bisa memusatkan diri pada hal – hal lain pada hidup anda diluar hal – hal finansial. Uang bukan segalanya, tiap orang sudah ada bagiannya masing – masing. Meskipun bisnis dan karier kurang cemerlang, kehidupan sosial anda tengah marak dan apabila anda jeli membangun social capital anda tahun ini; keuntungan jangka panjangnya akan sangat berguna kelak.

Shio Kerbau (1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009)
Meski banyak rintangan ada rejeki tersembunyi bagi warga kerbau tahun ini. Hendaknya sikap mental positif terus dijaga, dan mulai membuka telinga untuk nasehat – nasehat bijak. Warga Kerbau harus fokus terhadap planning & preparation, baik short term maupun long term. Persaingan makin tajam apalagi bagi anda yang ada di bidang sales & marketing. Selidiki keseluruhan sistem dan manajemen di perusahaan anda, perbaiki apabila ada yang kurang walau sedikit.

Shio Macan (1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010)
Kharisma anda sedang berkobar dan tidak ada tandingan. Selain Kuda adalah sahabat bagi Sang Macan, elemen Api dengan sendirinya memacu agresifitas dan kreativitas macan terutama mereka yang memiliki elemen Api dan Tanah. Namun bukan berarti anda tidak perlu berusaha keras. Ingatlan bahwa kuda bisa berlari kencang; stamina, persistence, dan determination anda tengah diuji dan dilatih. Selalu berusaha untuk push the limit dan keluar dari zona nyaman anda. Hasil yang baik hanya diperuntukkan bagi mereka yang keringatnya sepadan dengan itu. Ingat, jangan terlalu arogan atau garang pada mereka yang tidak seberuntung anda; kelak anda masih membutuhkan mereka.

Shio Kelinci (1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011)
Kelinci yang manis dan lembut kini bersiap melompat setinggi – tingginya. Inilah tahun dimana keberuntungan warga kelinci bersinar terang. Anda bisa berusaha sekuat – kuatnya dan hasilnya akan sepadan. Namun perlu diingat bahwa keberuntungan anda banyak dipengaruhi oleh tutur kata; maka jagalah ucapan anda. Kepada siapa dan bagaimana anda mengucapkannya akan banyak mempengaruhi dukungan yang anda dapatkan.

Shio Naga (1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012)
Inilah tahun ilmu padi bagi warga shio Naga. Anda berada di tengah pusaran ketidak pastian dimana segala kekuatan mesti dikerahkan untuk menjaga posisi dan bagian anda. Di bulan – bulan ini hendaknya anda sudah mulai menyusun long term planning untuk usaha dan kinerja anda. Reserving resources juga tidak ada salahnya dilakukan bila kemampuan financial mengijinkan. Bila anda menginginkan kemenangan, maka hindarilah kekerasan dalam bentuk apapun dan tingkatkan kesabaran anda. Hasil cemerlang tidak selalu datang dalam waktu yang singkat, namun Tuhan Maha Adil dalam memperhatikan umatNya. Perhatikan kemana angin bertiup, apa tujuannya, dan bagaimana anda harus bersikap. Jangan pernah melepaskan prinsip keadilan dan moralitas.

Shio Ular (1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001)
Jalan yang penuh kesulitan sedang terbentang di hadapan anda, dan dibutuhkan stronmg determination untuk melewati setiap rintangan. Layaknya manusia yang selalu curiga melihat sosok ular, tahun ini entah mengapa sangat sulit bagi anda untuk memperoleh kepercayaan. Oleh karena itu, bagi anda yang memegang kepercayaan dari seseorang, wajib mempertahankannya sekuat mungkin dan tidak mengecewakan sang pemberi amanah. Jangan terlalu berambisi atau berpolitik, segala rencana anda bisa berbalik arah tak terkandali.

Shio Kuda (1942, 1954, 1966, 1978, 1990, 2002)
Setiap orang pasti menemui pasang surutnya, begitu pula dengan sang kuda tahun ini. Memang ini adalah tahun dimana anda berkuasa dan bebas melakukan apa yang disukai, mengingat hasil kecemerlangan anda tahun lalu. Namun mawas diri adalah kata yang tepat, karena bisnis tidak bercermin pada masa lalu. Akan ada saat dimana anda sangat berduka, bahkan bisa juga bertemu dengan sosok yang tidak ingin anda temui. Hadapilah semua dengan lapang dada mengingat manusia memang tidak sempurna.

Shio Kambing (1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003)
Pribadi Kambing yang lemah lembut dan baik hati ini perlu diimbangi dengan kecermatan. Sudah waktunya anda mengkaji ulang strategi anda dan lebih antusias dalam menghadapi keseharian. Bagi yang berkarier, ada baiknya tidak selalu mengikuti mainstream apabila memang tidak baik. Tunjukkan anda memiliki potensi dan sikap diatas rata – rata. Berbagai macam peluang terbuka bagi anda yang memiliki bisnis, asalkan tidak melupakan kecermatan di segala bidang. Ajakan bermitra yang sudah lama dibicarakan bisa mulai dilaksanakan bila anda sudah yakin 100% mengkaji baik – buruknya.

Shio Monyet (1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004)
Inilah tahun menuai bagi anda; mereka yang menaburkan kebaikan akan menuai kebaikan, demikian juga sebaliknya. Kinerja anda harus ditingkatkan lagi untuk memenagkan persaingan. Hal – hal kecil akan terasa menyakitkan bagi anda. Ada baiknya menanyakan pada diri sendiri, apa yang sebenarnya anda cari? Mengapa menolak nasehat baik hanya karena kurang cocok dengan orangnya? Kerja keras adalah kunci dari segalanya, bila anda terus mengulangi hal yang sama, bagaimana bisa mengharapkan hasil ynag berbeda?

Shio Ayam (1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005)
Tahun yang berat dan rintangan seolah silih berganti menghadang anda. Anda akan merasa kesepian seolah semua orang meninggalkan anda. Mungkin itu bukan salah mereka, bagaimana mereka bisa menolong anda saat mereka juga tengah kesulitan? Inilah saat dimana anda akan melihat siapa sahabat sejati anda di tengah kesusahan. Tidak ada perubahan mencolok dalam bisnis maupun karier, hanya kurangilah frekuensi bepergian untuk menjaga kesehatan dan keselamatan anda.

Shio Anjing (1946, 1958, 1970, 1982, 1994, 2006)
Warga Anjing sedang dinaungi sinar keberkahan dan keberuntungan. Bagi mereka yang selama ini mampu menahan diri, menjaga sikap dan tutur kata; inilah saatnya anda menabur tuaian baik anda. Kerja keras dan usah masih diperlukan, namun tidak lagi mengkhawatirkan seperti tahun lalu. Passion dan determination akan menjadi kunci anda untuk melangkah di tahun depan. Warga anjing umumnya sejalan dengan sang Kuda yang mencari hidup, kebebasan, dan kebahagiaan. Semua ini tentunya boleh, asalkan jangan berlebihan. Manusia tetaplah manusia dengan segala karma dan tatanan harmoni nya.

Shio Babi (1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007)
Tahun kewaspadaaan dan bukanlah tahun yang amat sangat lancar bagi anda. Namum segalanya cukup tengan dan bisa dikendalikan. Banyak doa dan harapan yang akan terkabul, dan bagi rumah tangga yang memiliki putra / putri dibawah naungan shio Babi Api (th 2007) ikut merasakan keberuntungan yang ditarikmoleh bintang kecil anda ini. Namun pada umumnya keberuntungan warga babi tahun ini tidaklah besar, dan anda harus bisa mensyukurinya bagaimanapun juga. Lebih jeli dalam melihat peluang dan lebih ikhlas dalam menjalani tantangan akan membuat hari – hari anda tenang.

Tanadi Santoso

* Selamat Tahun Baru Imlek buat yang merayakan. Catatan ramalan 2014 ini dibuat untuk teman-teman sebagai sebuah “hiburan” dan jangan diseriusi. Selamat menikmati.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.