teknologi digital

Real Time, Kunci Penting dari Bisnis Digital

Kecepatan, merupakan tantangan paling besar dari setiap transformasi digital yang terus berubah dengan kecenderungan meningkat. Baik di dalam lingkungan teknologi maupun dilingkungan luar teknologi. Setiap pengguna dari hari ke hari menuntut kinerja teknologi yang makin cepat, tuntutan untuk mendekati real time (waktu seketika) semakin membesar.

Teknologi real-time, yang bergerak tanpa penundaan serta bergerak dengan kecepatannya sendiri, harus bisa memeras setiap detik waktu dari kinerja teknologi. Contoh paling sederhana, website yang lambat saat di akses maka sudah pasti ditinggalkan oleh pengunjungnya. Maka apabila solusi digital dari sebuah produk perusahaan tidak bisa memberikan layanan kecepatan, sudah pasti akan ditinggalkan pula.

Apa dan seperti apa Real-Time itu?

Dari perspektif bisnis digital, definisi yang paling mendekati adalah respon yang cepat. Respon ini mengacu pada rentang waktu saat loading, perpindahan halaman yang cepat ketika menanggapi sebuah klik, interaksi dan penerimaan antar fitur seperti desain yang responsif, hingga pengiriman antar akun maupun device yang cepat. Pelanggan sangatlah mudah berubah-ubah, bila respon aplikasi digital memiliki rentang waktu yang lama, maka bersiaplah untuk ditinggalkannya.

Bisnis digital dengan respon cepat (real-time) juga menjadi acuan untuk informasi-informasi berbentuk digital. Informasi cepat secara real time, meski uraian singkat sangatlah penting bagi pembaca. Itulah kenapa twitter bisa dengan cepat Booming. Setiap orang membutuhkan informasi yang baru (up-to-date) dan real-time.

Dalam bisnis digital game, pengaruh real-time sangat besar. Game yang bisa dengan cepat loading, merubah bentuk fitur atau karakter, menambahkan percakapan saat itu juga, akan membawa pengguna merasa sedang berada dalam permainan digital game tersebut. Belum lagi Game yang berbentuk multiplayer, pengaruh kondisi real-rime sangatlah besar.

Semua itu mengacu pada tindakan serta proses yang cepat dari setiap fitur, pengoperasian maupun informasinya dengan lebih cepat secepat mungkin. Bisnis digital harus bisa meredam kelambatan seminimal mungkin. Informasi maupun interaksi cepat bagi pengguna, akan menjadi kesan pertama yang baik maka selanjutnya bergantung dengan kekayaan fitur tiap produk digital serta dibutuhkan atau tidaknya produk tersebut oleh pengguna. Real-time merupakan kunci penting dalam bisnis digital.

Salam Kreatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *