Rumus Menjadi Kaya

Rumus Menjadi Kaya

“Salah satu hal yang hendaknya disegerakan setelah Ibadah dan Sosial adalah Bisnis”

Kemarin, beberapa teman sekaligus klien, datang berkunjung ke workshop di Kemang dan berbincang cukup lama. Dari 3 grup teman yang datang, semuanya berujung pada pembicaraan tentang 3 hal yang bisa membuat kita bisa “lebih” cepat menjadi kaya atau sukses dalam usaha untuk dunia dan juga “mungkin” akhirat.

3 hal ini akhirnya disepakati sebagai rumus menjadi kaya. Kesepakatan yang hanya berdasarkan kesepahaman bukan karena voting atau keinginan untuk disepakati. Meski secara pribadi saya masih seringkali menolak bahwa untuk menjadi kaya, kita harus rajin sedekah dan rajin ibadah dengan tujuan semata untuk menjadi kaya di dunia. Namun 3 hal tersebut secara logis bisa diterima, bahkan tanpa harus memaksakan diri untuk “transaksi dengan Tuhan”.

3 hal ini adalah Ibadah, Sosial dan Bisnis. Atau boleh juga dibolak-balik menjadi Bisnis – Sosial dan Ibadah. Mari kita lihat kaitannya;

1. Bisnis

Mengapa bisnis harus disegerakan selain urusan ibadah dan sosial? Karena bisnis bisa dijadikan penopang ibadah.

Dengan bisnis yang baik, maka ada alat untuk membeli sabun agar baju kita wangi saat dipakai ke Masjid, Gereja dan semua tempat ibadah. Karena ada uang yang dihasilkan dari bisnis. Bahkan kita bisa semakin banyak beramal untuk membantu banyak orang. Seperti membuka lapangan pekerjaan, memberi santunan, derma dan lain sebagainya. Amaliyah yang kita lakukan akan semakin besar dan mudah apabila ada uang untuk itu semua.

2. Ibadah

Apa perlunya ibadah dalam hubungannya dengan bisnis? Benarkah hanya sekedar transaksional dengan Tuhan? Tidak juga.

Fungsi utama ibadah sebenarnya di dalam bisnis adalah membentuk ketenangan hati (mental) dalam menghadapi godaan dunia terutama di dalam berbisnis. Dengan ibadah yang baik, maka kita akan semakin tenang dalam mengambil keputusan-keputusan yang lebih baik, menghindari hal-hal yang mendekati dosa dan lain sebagainya, sehingga kita semakin tenang dalam menjalankan bisnis.

3. Sosial

Apa hubungannya dengan bisnis?

Orang yang memiliki hubungan sosial yang baik dengan sesamanya, rata-rata bisnisnya berhasil. Kenapa begitu? Karena mampu memberi yang baik, menghormati orang lain dan tindakan baik lainnya sehingga banyak disukai orang lain secara sosial. Semakin banyak yang menyukai sama dengan semakin banyak benefit dan profit yang bisa didapatkan. Meski pun dijaman sekarang, sudah banyak bisnis yang dijalankan oleh system bisnis. Bisa disebut sistem bisnis tersebutlah fungsi sosial dalam berbisnis.

–|

3 hal tersebut bisa dibolak-balik menurut pemahaman atau pemikiran Anda masing-masing, sebab penjabaran yang lebih dalam dari rumus menjadi kaya tersebut, begitu luas. Dan cara berpikir masing-masing memiliki peran dalam penjabarannya masing-masing.

Jadi, benarkah ada rumus menjadi sukses? Jawabannya ada di dalam 3 hal di atas.

Selamat menyelami dan selamat menjalankan puasa ramadhan di tahun 2013 ini. Dan saya sedang mencoba menyelami rumus menjadi “kaya” tersebut dalam menjalankan usaha saya di bidang jasa website.

Salam kreatif.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.