Salah Jalan? Putar Arah Segera!

“Tidak peduli seberapa jauh Anda sudah berjalan bila itu ada di jalan yang salah, segera putar arah dan kembali”.

Sebuah saran yang sering diucapkan oleh Prof. Rhenald Kasali dan banyak motivator bisnis lainnya. Tak terkecuali dengan apa yang saya alami beberapa waktu lalu dan juga beberapa keputusan-keputusan di masa lalu yang rasanya sudah banyak saya lakukan. Saya tidak takut harus memulainya dari NOL, namun tetap dengan perhitungan yang matang dan terencana.

Sering juga saya ulangi kepada teman-teman yang datang untuk berdiskusi tentang permasalahan bisnisnya. Bahkan terkadang saya salut dengan banyak teman yang membiarkan waktu berjalan sedemikian jauh meski sudah mengetahui bahwa dirinya tidak dalam jalan yang tepat bagi dirinya.

Mereka tidak membuat perubahan terhadap diri mereka sendiri secara signifikan. Meski memang perubahan yang tepat terhadap diri sendiri atau bisnis sendiri tidak bisa ditentukan dengan perhitungan bisnis atau bahkan insting. Namun diri kita pasti sadar dan paham bahwa ada yang salah manakala situasi tidak berubah menjadi lebih baik.

Diperlukan keberanian untuk berubah. Bahkan ada sebuah nasihat bijak mengatakan “bila Anda tidak bisa merubah situasi minimal rubahlah diri sendiri”. Mudah untuk mendengar dan mengerti, namun tidak mudah untuk menjalankannya. Ditambah dengan cara berpikir yang (mungkin) lebih menyukai ketenangan suasana diluar dibanding ketenangan diri sendiri. Juga ada yang lebih mengedepankan rasa tidak enak hati, sungkan dan banyak alasan lainnya.

Sebuah contoh di dalam perusahaan saya sendiri, ada seorang karyawan yang merasa hebat sendiri dan merasa memiliki andil besar terhadap perkembangan perusahaan, dia melupakan bahwa sebuah perusahaan adalah satu kesatuan, sebuah tim yang tidak mungkin di pisah satu-satu. Awalnya saya memang tidak enak hati untuk menegurnya, dengan alasan dia adalah salah satu orang yang masuk di awal berdirinya perusahaan. Namun manakala suasana sudah tidak lagi kondusif karena sikapnya yang semena-mena terhadap lainnya, akhirnya saya pecat saat itu juga.

Dan apa yang terjadi? Saat saya memecatnya, semua karyawan langsung kembali ceria. Bercanda, tertawa bahkan makin giat dalam pekerjaannya masing-masing. Suasana berubah menjadi lebih hangat dan produktif. Saya pun sempat menyesali keputusan, kenapa tidak sesegera mungkin saya memecatnya?.

Bila Anda merasa menjadi dokter gigi adalah karena untuk menyenangkan orang tua, segera hidupkan kembali keinginan yang dulu ingin dicapai meski Anda sudah menjadi dokter gigi saat ini, Anda bisa mencapainya dengan tetap menjadi dokter gigi atau berubah sama sekali. Bila Anda membuat situs produk dengan PHP dan merasa itu sebuah kesalahan karena seharusnya pakai Phyton, segera bangun ulang. Sulit tapi melegakan. Itu yang akan Anda rasakan.

Tahun 2013 sudah mulai berjalan, namun belum jauh, kita masih bisa memulainya dari awal lagi. Selamat memulai kembali.

Salam Kreatif.

4 thoughts on “Salah Jalan? Putar Arah Segera!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *