Tanadi Santoso

Selalu Ada Perubahan Jaman

Kemarin ketika sedang menikmati makan disebuah resto saya melihat sepasang suami istri yang canti dan tampan, tapi (maaf) anaknya “jelek” sekali.

Ada teman yang bilang, dijaman akan datang, hanya ada 2 type wanita, yang cantik, dan yang enggan operasi plastik. Karena yang kaya semua operasi plastik, yang miskin juga, karena operasi sudah semakin murah, dan bagus. Tinggal yang enggan saja. Tetapi dijaman yang lebih depan lagi, semua akan operasi plastik.

Di Korea Selatan semua wanita sudah menganggap operasi plastik sebagai sebuah hal yang lumrah, umum, dan dipahami dan di setujui masyarakat. Ibu atau nenek sang anak sering menghadiahkan “operasi plastik” sebagai hadiah sweet seventeen-nya.

Dijaman dulu, ada orang yang menganggap memakai make up itu memakai topeng dan palsu, yang benar wanita harus tanpa make up. Sekarang semua orang menganggap make up adalah kewajaran.

Bahkan dijaman lebih dulu lagi, hanya pelacur dan aktor yang berlipstik. Memakai lipstik didepan umum adalah sebuah larangan. Sampai di tahun 1700 an di Inggris wanita yang memakai lipstik sebelum menikah dianggap taboo dan bisa dibatalkan perkawinannya. Baru ditahun 1884 lah lipstik diproduksi dan dijual.

Mungkin suatu saat kita akan melihat balik jaman ini yang baru mulai menerima orang2 yang operasi plastik, sebagai sesuatu yang lucu dan sangat kolot kuno bodoh, seperti kita sekarang menganalisa tentang jaman tanpa lipstik itu.

Mungkin dijaman baru nanti, umur manusia sudah bisa 150 tahun, operasi plastik seperti orang make up, robot jadi pelayan, perjalanan luar angkasa jadi pilihan tour akhir tahun, dan manusia akan tertawa melihat jaman 2014 ini yang serba kolot, bodoh, dan tidak masuk akal. Otak dan cara berpikir kita yang berubah, karena jaman berubah. Selamat menikmati perubahan jaman.

Tanadi Santoso.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *