Ruang Digital, Ulas Buku

Setiap Halaman Web adalah Halaman Utama

Setiap orang tentu tahu, seberapa penting untuk membuat pandangan positif bagi website. Terutama pandangan pertama yang bisa membuat orang senang dan tidak bosan dengan website tersebut. Landing page yang bila diartikan bebas ke dalam bahasa Indonesia maka berarti halaman mendarat yang bila dalam hal ini bisa dimaksudkan sebagai halaman awal bagi situs tersebut. Karena disitulah orang seringkali melihat situs.

Namun ini seringkali terjadi bila pengguna atau klien yang sudah hapal dengan URL atau Domain situs tersebut. Bila tidak, maka orang akan menemukannya/mencarinya dengan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan seterusnya. Orang yang berpengalaman di internet akan lebih bisa menemukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang dibutuhkannya untuk dicari. Dengan mengetikkan sebuah kata kunci, maka mudah bagi orang tersebut untuk menemukan hal tersebut.

Itulah mengapa sebagian besar pelaku bisnis online atau para pelaku pasar (Marketer), menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendesain atau memperlakukan halaman awal dengan berbagai macam hal istimewa terutama dalam hal ini “SEO”. Menurut Mikal Belicove (www.mikalbelicove.com), ini merupakan sebuah kesalahan. Karena tidak semua mesin pencari akan langsung di halaman awal. Pengunjung website sering juga menemukan link (tautan) hasil mesin pencari di halaman lain, seperti halaman Profil/Tentang kami, Produk, bahkan komentar.

Perlakukanlah semua halaman web dengan perlakuan yang sama dengan halaman awal (homepage). Setiap konten tulisan yang dibuat akan masuk ke dalam index mesin pencarian. Terutama konten yang berbentuk menu dan juga konten penulisan yang sesuai dengan situs tersebut. Beberapa elemen interior situs menurut Mikal;

– Logo perusahaan dan tagline
– Navigasi yang konsisten termasuk navigasi pencarian
– Beri perlakuan konten yang baik di atas maupun di bawah menu yang berbentuk flip
– Singkat, simpel dan tata bahasa yang benar
– Desain yang konsisten dan skema warna untuk membentuk brand
– Mempromosikan produk utama, layanan dan penawaran khusus

Coba lakukan pengecekan situs anda melalui situs analisa, seberapa banyak pengunjung dan apa saja yang paling sering dikunjungi. Teliti dan analisa dengan baik, apakah semua sudah sesuai dengan target usaha atau perusahaan yang ingin dicapai? Bila ternyata belum, berarti sudah waktunya untuk merubah atau berubah. Seandainya muncul kesulitan disitu, berikan saja kepada ahlinya. Bila belum membangunnya (website) atau baru akan memulai, maka ada baiknya untuk menentukan tujuan dan target dalam pembuatan situs tersebut. Anda harus mempunyai tujuan yang jelas dalam melakukan hal ini.

Setiap halaman web di sebuah situs, harus bisa memberikan komunikasi yang jelas. Usahakan bisa membuat pengunjung terbawa (terarahkan) ke dalam langkah nyata untuk melakukan pembelian atau minimal penawaran hingga terjadinya transaksi. Pelaku toko online hendaknya bisa membuat setiap halaman situs bisa tersambung dan mengarah pada halaman produk.

Ketika pengunjung memasuki situs, anda tidak akan pernah tahu melewati pintu halaman yang mana. Maka pastikanlah setiap halaman web memberikan penawaran yang bagus, tunjukkan profesionalitas dan aktif dalam melakukan pelayanan serta perawatan situs agar terus menjadi nomer satu.

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Salam Kreatif.

1 thought on “Setiap Halaman Web adalah Halaman Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *