Tanadi Santoso

Siapa Kita?

Sebenarnya “kita” ini siapa? Apa saja yang telah kita lakukan? Perusahaan kita sebenarnya menawarkan apa yang lebih dari orang lain? Mengapa anda yakin klien akan memilih kita? Apa saja yang telah sukses kita lakukan? Apa yang dapat kita perbaiki?

Sering kita sudah lupa akan diri kita sendiri, lupa mengapa dulu kita sukses dan sekarang tidak sesukses dulu, lupa kalau pesaing telah maju lebih cepat dari diri kita sendiri, bahkan lupa pelanggan sudah tidak mau lagi sama kita.

Kita sering masih dibayangi oleh Ego kita, bahwa kita hebat, bahwa semua orang antree untuk membeli produk dan jasa kita, kita masih saja ber-leha leha dan menganggap diri kita hebat luar biasa.

Sebuah teropong melihat diri kita sendiri, terutama dari kacamata pelanggan yang telah meninggalkan kita, atau pelanggan yang kecewa dengan kita, akan menyadarkan kita akan diri kita “yang sebenarnya.”

Siapa kita? Apa yang kita yakini? Mengapa kita mengerjakan semua ini? Bagaimana kita dapat melayani orang lain? Apa yang mereka inginkan? Apakah kita sudah melakukan yang terbaik?

Diujung 2013, Kita harus kembali fokus pada pekerjaan kita, kembali mencari nilai tambah apa yang dapat kita tawarkan pada pelanggan kita, fokus pada efektifitas kerja, fokus pada pengembangan sales dan marketing kita lagi, dan mungkin saja, masih ada harapan untuk sukses kita di 2014.

*Tanadi Santoso. Surabaya, 30 Dec 2013

1 thought on “Siapa Kita?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *