Ruang Digital

Situs Gratis Pemasaran Online

Media online, akhir-akhir ini semakin penuh dengan inovasi dan kreatifitas. Biaya yang bisa lebih murah bagi pengiklan atau bahkan gratis makin menarik perhatian banyak orang untuk memasarkan produknya lewat pemasaran online. Ditambah lagi, dengan pemasaran online ini, jangkauan pemasaran bisa lebih luas dan jauh (seluruh dunia). Karena sifat internet yang memang tidak punya batas atau jarak.

Untuk memasarkan produk di dunia online, anda bisa menggunakan situs-situs gratis yang akan memacu kunjungan banyak (calon) pelanggan ke situs anda pribadi atau perusahaan. Berikut ini beberapa situs gratis yang bisa digunakan untuk memasarkan produk online;

1. Facebook

Hampir semua orang yang kenal internet pasti mengenal facebook. Sebagai situs pertemanan yang mendunia, facebook menjadi tempat yang mudah untuk memasarkan produk secara online dan gratis. Di Facebook ada Page (halaman) yang bisa digunakan sebagai tempat berkumpul atau mengumpulkan banyak orang, baik yang bertujuan sama maupun sporadis. Ada juga Facebook Apps, layar khusus untuk membuat aplikasi external seperti Games atau Fans Page. Disamping itu, facebook juga menyediakan satu halaman khusus (pasar) seperti Market Place. Setiap pengguna bisa dengan mudah masuk dan menjual produknya sesuai dengan kategori yang disediakan.

2. Twitter

Merupakan situs social media yang sangat keren dengan model follow-nya. Dengan twitter, anda bisa memasarkan produk dengan cara yang lebih halus. Karena twitter lebih banyak berpatokan pada bagaimana anda berceloteh (nge-twit) disana. Banyak pengguna yang tidak suka dengan pengguna lain yang langsung berjualan tanpa mengenalkan diri lebih dahulu dengan baik (personal branding). Dan twitter adalah alat personal branding yang paling hebat untuk saat ini di dunia social media.

3. Linkedin

Dengan linkedin, anda bisa mengenalkan diri anda baik secara kualitas pribadi hingga kualitas pekerjaan. Anda akan dibawa untuk berkenalan dengan orang-orang yang se-profesi dengan anda dan bahkan dengan orang-orang berkepandaian atau berkedudukan tinggi didalam perusahaannya masing-masing. Itulah mengapa Linkedin menjadi situs yang tepat untuk membantu personal Branding dan juga mengeksplorasi produk anda. Boleh dikatakan, Linkedin adalah situsnya Profesional.

4. Flickr/Photobucket

Situs flickr/photobucket bisa digunakan sebagai tempat anda menyimpan foto-foto produk ataupun foto-foto hasil pekerjaan.  Gunakanlah tag atau nama yang pas dengan produk anda yang kemungkinan besar akan dicari oleh orang banyak. Disamping itu, dua situs ini juga menyediakan storage dan bandwith yang (hampir) tidak terbatas, maka memudahkan kita untuk menyimpan gambar meskipun gambar produk tersebut besar skalanya.

5. Youtube

Buatlah bentuk presentasi baik secara animasi maupun video dan unggahlah di situ Youtube ini. Situs Youtube sering menjadi tempat pencarian bagi orang yang lebih suka dengan gerak visual. Sudah banyak terbukti, ketenaran orang melejit dengan cepat karena menggunakan Youtube sebagai tempat berekspresi.

6. Slideshare

Bila anda mempunyai bentuk-bentuk presentasi (produk) baik dalam file .pdf maupun .ppt, maka situs slideshare ini bisa menjadi tempat yang baik untuk memunculkan produk. Dengan situs ini, memudahkan bagi banyak orang untuk mengunggah maupun mengunduh presentasi (produk) anda. Dan slideshare juga banyak memberikan fasilitas untuk menjalin network yang lebih luas.

7. Kerajinan.id

Situs ini dibuat untuk (bisa) dijadikan tempat berkumpulnya para pemilik produk kerajinan yang ingin memasarkan produknya secara gratis. Situs yang dimiliki oleh dokter gigi lulusan UI ini memfokuskan untuk produk-produk kerajinan. Anda bisa memasukkan produk dan menjalin banyak relasi dengan pemilik produk lain. Kerajinan.id sangatlah ringan dan fleksibel, serta cepat dalam mengunggah produk.

Salam Kreatif.

3 thoughts on “Situs Gratis Pemasaran Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *