Situs WayangPedia; Launch

Logo Wayang Pedia

Budaya, sedikit demi sedikit terkikis dengan berkembangnya dunia modern. Anak-anak di jaman sekarang, banyak yang tidak tahu saat ditanya sedikit tentang Budaya. Yang lebih parah adalah manakala itu adalah budaya yang menjadi warisan leluhurnya secara etnikal.

Sebagian orang sekarang, menyalahkan kondisi dari mulai pemerintahan hingga sistem masyarakat yang membangun pribadi tak kenal budaya leluhur. Sebagian lagi menyalahkan anak-anak yang tidak mau belajar atau mempelajari budaya-budaya tersebut. Sebagian lagi, dengan argumentasi Agama, perlahan dengan sengaja (maupun tidak) mengikis peninggalan luhur dari kakek dan nenek moyang. Dan banyak alasan lagi.

Tidak ada satupun manusia yang bisa mengetahui dimana dan oleh siapa akan dilahirkan. Dan tidak ada satupun kelahiran merupakan kesesatan. Sebuah makna bisa ditemukan dengan pendalaman. Budaya leluhur, dilahirkan dengan melalui banyaknya fermentasi kehidupan yang berabad-abad melingkari cincin matahari.

Maka, kelahiran dan modernisasi tentu bukanlah halangan bagi kita untuk mengenal budaya leluhur kita masing-masing. Bahkan Agama, banyak memberikan petunjuk yang sering tanpa kita sadari mendekati (mirip) dengan petuah-petuah bijak dari budaya yang kita miliki. Mari kita lestarikan budaya leluhur kita masing-masing. Jawa, Batak, Padang, Tionghoa, Bugis, Papua dan semuanya yang ada di Indonesia, lestarikan budayamu.

Saya dan beberapa teman, melestarikan Budaya Wayang dengan cara yang kami bisa yaitu membuatkan sebuah situs yang kami namai Wayang Pedia dot Com. Selamat bergabung dengan dunia budaya luhur :).

6 comments found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.