Sustainable Income – Pendapatan Berkelanjutan

Sustainable Income – Pendapatan Berkelanjutan

Fokus pada konsumen, terkadang lebih cukup untuk meningkatkan keuntungan bagi usaha kita. Seperti yang dilakukan banyak perusahaan, dimana memiliki pertumbuhan riil pertahunnya dari mempertahankan atau memanjakan pelanggan yang sudah ada. Bukan berarti tidak mencoba menarik pelanggan baru, namun bila produk kita bisa menampilkan banyak hal yang bisa membuat pelanggan/konsumen merasa nyaman, maka bukan tidak mungkin mereka akan lebih cepat kembali atau mereferensikan kepada orang lain. Menjaga sustainability akan lebih berdaya imbas yang besar.

Dalam business model generation, dikenalkan sebuah alat yang bernama Peta Empati (Empathy Map). Apa itu Empathy Map? secara singkat adalah peta yang memberikan arah dimana saja letak empati yang bisa kita dapat dari pelanggan. Kita butuh untuk terus bisa menggali apa yang dibutuhkan oleh Konsumen/pelanggan dan segera merubahnya menjadi sesuatu yang diinginkan, dibutuhkan dan menjadi solusi bagi mereka.

Pelanggan/konsumen bukan lagi sekedar sebuah asset, namun juga bagian integrasi dari produk dari bisnis kita. Melibatkan mereka menjadi sebuah cara yang praktis lebih murah dibandingkan melakukan riset dan development yang terlalu detail namun belum tentu diterima oleh mereka. (Lihat artikel tentang Point of View).

Setiap produk memiliki perilakunya masing-masing, begitu juga dengan pelanggan/konsumen. Mereka tentu mempunyai banyak hal yang menjadi dasar untuk mereka membeli, tetap membeli dan (mudah) mereferensi kepada temannya, bahkan tanpa sadar. Sebegitu juga bila produk atau pelayanan kita buruk 🙂

Buatlah indicator yang bisa membantu diri kita lebih jauh mengeksplorasi kebutuhan pelanggan/konsumen. Sehingga bisa mendapatkan pendapatan berkelanjutan dan perusahaan bisa terus berjalan. Dan tetaplah terus berkreatifitas.

Salam kreatif.

4 comments found

  1. Memanjakan pelanggan lama dan menjaring pelanggan barus sehingga kegiatan usaha berkelanjutan, tentu membutuhkan pengetahuan dan tehnis tertentu. Dua-duanya harus sejalan. (IMO)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.