Teknologi Internet

Mati Terlibas Teknologi Internet atau Ikut Menumpang Didalamnya

Persaingan bisnis di jaman serba teknologi dengan perkembangan internet yang begitu pesat, nyaris melibas kesiapan para pelaku sosial didalamnya itu sendiri. Tidak sedikit perusahaan yang harus bangkrut atau berantakan karena ketidaksiapannya mengantisipasi teknologi, atau ketidakmampuannya untuk ikut “menumpang” keberadaan teknologi yang kecepatan perkembangannya melebihi kemampuan diskusi orang-orang yang berdebat di sosial media. Bahkan bisnis yang sudah mencapai angka trilyunan tiap tahun saja berusaha untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Peran kertas yang semakin hari semakin menipis, peran surat kertas yang perlahan mulai bisa tergantikan oleh surat elektronik sepenuhnya, peran telpon rumah/kantor (PSTN) yang mulai terpinggirkan oleh telpon genggam dan semua perubahan-perubahan lain mulai bisa dirasakan benar-benar terjadi di depan mata. Bahkan peran manusia pun sudah banyak yang tergantikan oleh mesin atau robot. Maka bila sebuah bisnis yang mulai dirintis dan ingin dijalankan namun menghindar dari teknologi masa kini seperti website maupun SEO (search engine optimization), akan sangat berat untuk bisa bersaing dengan pesaing yang rajin memanfaatkan teknologi dasar dalam pemasaran tersebut.

Persaingan di Masa Kini

Saya yakin, sudah banyak yang merasakan naik kereta api jaman sekarang. Saat Anda membeli tiket kereta api secara online, maka akan mendapatkan secarik kode pemesanan yang kemudian bisa ditukarkan menjadi tiket masuk. Bahkan untuk mencetak tiket, tidak lagi harus dilayani oleh manusia namun sebuah mesin. Inilah sebuah persaingan, keberadaan mesin yang terus diciptakan untuk memudahkan manusia (sebagai penggunanya), akan menjadi senjata yang perlahan “meniadakan” keberadaan manusia itu sendiri. Persaingan di masa kini, manusia menciptakan mesin untuk berkompetisi dengan manusia dan mesin lain. Sebuah paradoks seperti yang pernah saya tuliskan tentang dua sisi mata pedang akan keberadaan teknologi.

Sebuah penelitian dari Oxford University bahkan mengatakan 47 persen pekerjaan di USA akan diotomisasi pada tahun 2025. Pabrik yang ditutup akan digantikan dengan pabrik baru yang penuh dengan robot dan hanya membutuhkan sedikit manusia.

Berbagai konsultan dari konsultan bisnis hingga konsultan keuangan mulai menggunakan teknologi komputer untuk membantu menganalisa detail pekerjaan yang mereka lakukan, dan terbukti melesat perkembangan bisnisnya seperti yang dilakukan oleh konsultan keuangan Betterment. Maka sebagai pelaku bisnis rental mobil, saya pun menerapkan bisnis dengan penggunaan teknologi yang ketat. Dari mulai pemasaran yang berbentuk website serta SEOnya, tidak ketinggalan juga manajemen bisnisnya melalui software rental Sewan.

Dunia Internet

Hampir tidak ada lagi bisnis yang tidak terkoneksi dengan internet, baik melalui toko online yang sekedar memajang hasil produk hingga pembelian langsung melalui ecommerce di dalamnya. Facebook yang memiliki jumlah penduduk mencapai 6 milyar, tentu menjadi sebuah kehidupan tersendiri hingga didalamnya bermunculan pasar-pasar dari mulai kecil hingga besar. Google dengan mesin pencarinya, membesar hingga memiliki berbagai hal kebutuhan manusia di dalam internet. Dari mulai iklan pemasaran hingga data analitik pengguna yang bisa dikumpulkan menjadi sebuah bahan dagangan untuk para penggunanya sendiri.

Begitu juga semua lini usaha yang ada, penting untuk mulai memperhatikan keberadaan internet beserta isinya dalam memasarkan bisnis maupun produk. Perkenalkan bisnis melalui website, sudah banyak jasa pembuatan yang bisa memenuhi kebutuhan pembuatan website, dan mulai perkenalkan produk melaluinya. Mulailah mencari tahu mengapa kita perlu tahu sebuah website dan mengapa menjadi begitu penting bagi pemasaran dengan mengenali langkahnya.

Pengalaman Pribadi

Saya pribadi berhasil menembus transaksi sewa mobil mewah hingga kendaraan sewa mikrobus dalam fase lebaran tahun 2017 ini hingga lebih dari 50 transaksi (hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan) yang semuanya berbasis pemasaran di website melalui pengoptimalan mesin pencarian dengan memanfaatkan momen sewa mobil di lebaran. Ini masih membuktikan bahwa teknologi internet sangat – sangat berperan dalam kemajuan bidang usaha yang dimiliki. Silahkan baca artikel kenapa sebuah usaha perlu untuk memiliki website yang bagus.

Melupakan apalagi meninggalkan keberadaan internet di masa kini, rasanya akan sangat sulit. Karena hampir semua orang sudah berbondong menggunakan internet sebagai tempat pertama untuk mencari sesuatu baik untuk pribadi maupun perusahaannya. Hanya ada dua cara dalam menjalani bisnis di masa sekarang ini, mati terlibas teknologi atau ikut didalamnya.

Jadi tunggu apalagi?

Salam sukses.

1 thought on “Mati Terlibas Teknologi Internet atau Ikut Menumpang Didalamnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *