Tentang Sebuah Impian Sukses

Tentang Sebuah Impian Sukses

Apa impian anda? Apa passion anda? Dimasa depan, ingin menjadi sukses seperti apa? Seperti apa itu impian sukses?

Ada sebuah padangan bahwa orang sukses besar, tahu dari kecil apa maunya, apa impiannya dan bagaimana dia nantinya menjadi orang sukses. Dan sering kita tanyakan kepada anak SD, SMP, SMA, ataupun mahasiswa “Nanti ingin menjadi apa?”. Dan mereka akan berkata: “Saya juga tidak tahu pak.”

Bahkan sampai pada orang yang sudah bekerja pun, sudah berusia 25 atau 27 atau 30 atau 45, masih bingung, “Saya mau jadi apa?” dibarengi sedikit rasa bersalah, sepertinya hanya dia sendiri yang tidak tahu apa maunya.

Padahal menurut pendapat saya, pada saat mau wisuda lulus S1, mungkin 80 persen orang tidak tahu apa maunya, 18 persen “kira-kira” tahu “sepertinya saya ingin jadi…….” dengan keraguan. Dan mungkin hanya 2 persen yang benar-benar tahu ingin menjadi apa dan mengejarnya dengan jelas.

Seorang trainer sekaligus pengusaha sebesar Tanadi Santoso sendiri pernah mengatakan bahwa waktu awal dulu menjalani usahanya, sering sekali melebar tak tentu arah. Dan beliau mengatakan bahwa banyak sekali yang seperti itu. Bagaimana menciptakan impian sukses dan menjadi “sesuatu” di kemudian hari.

Beberapa saran yang bisa dilakukan untuk menjalani sebuah impian sukses dan menciptakannya menurut Tanadi Santoso adalah;

1. Mengalir dan terus belajar

Teruslah belajar, jangan pernah berhenti belajar. “Mengalir” terus untuk melakukan apa saja yang disukai, sembari sesekali melihat pintu “kesempatan” lain yang terbuka dan dapat dimasuki. Tidak jarang, pintu yang sudah dimasuki ternyata tidak membawa kemana-mana, hingga akhirnya Anda merasa menyesal, lelah, sedih dan gamang. Namun disitulah letak belajar sesungguhnya. Tidak ada hal yang sia-sia.

Segeralah mencari pintu lagi, kejar kesempatannya dan mencari lagi hingga menemukan impian sukses Anda. Berhentilah belajar saat nafas meninggalkan badan ini.

2. Hadapi Kenyataan

Pada dasarnya, mimpi atau impian itu tidak selalu ada, karena hanya kenyataan yang sebenarnya ada. Jangan biarkan kenyataan membuat semua menjadi ketidakpastian, hadapi saja menjadi sesuatu yang benar-benar nyata dan ubah menjadi cambuk untuk terus maju, merangsek ke depan.

Yakinlah, ada saatnya, akan datang kesempatan itu, ketika waktu, kesempatan, dan kemampuan Anda tiba-tiba menjadi selaras, dan pelanggan kita, siapapun itu, menyukai apa yang kita lakukan, dan menghasilkan sebuah karya atau bisnis yang sukses.

Kecintaan akan hidup ini, semangat untuk terus berkarya melakukan yang tebaik, belajar dan belajar lagi, sambil tidak berhentinya mencari pintu kesempatan yang tepat. Suatu saat impian akan berubah menjadi sukses yang akan menjadi hak Anda.

*Inspire by Tanadi Santoso for selfnote

Ditulis untuk memberi semangat kepada sekian banyak orang yang belum menemukan “mimpi-mimpinya”, dan menyakinkan bahwa itu adalah hal yang umum dan dialami oleh terlalu banyak orang lain juga.

1 comment found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.