Tile Based Game (bagian II)

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang konsep Tile-Based Game, di tulisan saya kali ini kita akan membuatnya langsung menggunakan bahasa Pascal. Di bagian paling bawah saya melampirkan aplikasinya, bisa langsung dimainkan, plus source codenya bagi yang ingin mempelajari. Jika Anda ingin mengkompil source codenya jangan lupa install dahulu compiler Pascal. Dari sekian banyak compiler Pascal, saya merekomendasikan FreePascal (www.freepascal.org) karena sifatnya yang open source, juga kualitasnya yang sudah tinggi.

Konsep besar;

Tile Based Game

 

 

 

 

 

 

Cuplikan di atas adalah alur utama program. Di line 4 dan 5 kita menentukan koordinat awal player 1 dan player 2. Di line 6 kita menginisialisasi game over flag, tentunya ke nilai false. Selama nilai ini false game akan terus berjalan (lihat line 15). Procedure cekApakahSudah bertanggung jawab menset nilai game over flag menjadi true sehingga program keluar dari looping repeat-until, membaca sebuah input keyboard (line 17) sampai akhirnya program berhenti.

Di dalam looping:
1.    pertama-tama kita membersihkan layar (line 9),
2.    kemudian kita load peta ke memory (line 10),
3.    load posisi pemain ke memory (line 11),
4.    lalu kita render nilai-nilai yang didalam memory hasil dari muatPeta dan muatPemain menjadi sebuah peta yang tampil (line 12),
5.    selanjutnya adalah menahan keyboard dan mendeteksi input para pemain (line 13),
6.    untuk setiap perubahan langkah, cek apakah perubahan langkah tersebut mengakibatkan game berakhir atau tidak (line 14).

Memuat Peta dan Pemain

 

 

 

 

 

 

Memuat peta adalah sesederhana memasukkan nilai ke dalam variable peta yang dalam game ini merupakan array of string. Begitu pula dengan memuat pemain. Kemudian kita definisikan titik tujuan player 1 (line 11). Yend dan xend adalah konstanta yang kita taruh bersama konstanta lainnya di bagian deklarasi konstanta.

Konstanta dan Variabel

Cuplikan di atas adalah alur utama program. Di line 4 dan 5 kita menentukan koordinat awal player 1 dan player 2. Di line 6 kita menginisialisasi game over flag, tentunya ke nilai false. Selama nilai ini false game akan terus berjalan (lihat line 15). Procedure cekApakahSudah bertanggung jawab menset nilai game over flag menjadi true sehingga program keluar dari looping repeat-until, membaca sebuah input keyboard (line 17) sampai akhirnya program berhenti.

Di dalam looping:

1.       pertama-tama kita membersihkan layar (line 9),

2.       kemudian kita load peta ke memory (line 10),

3.       load posisi pemain ke memory (line 11),

4.       lalu kita render nilai-nilai yang didalam memory hasil dari muatPeta dan muatPemain menjadi sebuah peta yang tampil (line 12),

5.       selanjutnya adalah menahan keyboard dan mendeteksi input para pemain (line 13),

6.       untuk setiap perubahan langkah, cek apakah perubahan langkah tersebut mengakibatkan game berakhir atau tidak (line 14).

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.