berpikir-positif

Tips Membangun Jaringan Bisnis

Sebagian besar dari kita terutama pelaku bisnis, tentu sadar dan memahami betul bahwa membangun jaringan bisnis itu sangatlah penting. Namun beranjak dari tempat duduk kemudian keluar dan mencari jaringan adalah masalah lain. Banyak orang takut untuk membangun jaringannya menjadi lebih baik dengan berbagai alasan permisif yang dimilikinya.

Ross Walker, lulusan 2005 dari program MBA Stanford, berpendapat bahwa kemampuan jaringan tidak hanya penting untuk kesuksesan sebuah karir namun itu juga penting untuk mendapatkan dan membuat perubahan di dalam organisasi baik publik dan sektor swasta.

Berikut ini tips membangun jaringan bisnis disadur dari beberapa buku;

1. Kualitas Pertemuan

Penelitian oleh Professor Ronald Burt dari University of Chicago menunjukkan bahwa “satu langkah (orang) terhapus dalam jaringan maka hampir sepenuhnya mengurangi manfaat kepada kita”. Artinya, dalam membangun jaringan, masih dibutuhkan kualitas pertemuan yang bagus. Jaringan bukanlah sesuatu yang jarang bisa muncul oleh hal-hal mendadak.

2. Sambungan yang sama

“Orang adalah nama dalam permainan – Anda harus memahami cara membaca orang dengan cepat dan menemukan apa yang Anda miliki dalam kesamaan,” kata Ross Walker. Anda lebih mungkin untuk mendapatkan respon dari seseorang jika Anda telah menemukan kepentingan bersama atau kenalan sebelum memperkenalkan diri.

[xyz-ihs snippet=”3″]

3. Jaringan Kuat

Memiliki jaringan yang kuat menjadi sangat penting manakala pembangunan sebuah bisnis menuju pintu keluar pasar yang lebih besar. Kekuatan jaringan akan sangat membantu dalam banyak hal, seperti retail bisnis hyper market dan lainnya.

4. Jadilah Sesuatu

Orang-orang dengan posisi tinggi, seperti CEO atau mungkin pejabat dan bos lainnya adalah orang-orang yang sibuk. Mereka tidak akan bisa menanggapi permintaan yang samar-samar di mata mereka. Mereka tidak akan bisa mengambil alih beban yang ada di pundak kita tanpa melihat sesuatu yang lebih jelas. Beri gambaran kepada mereka satu-dua hal yang bisa dengan mudah langsung ditangkap oleh mereka dan bekerjalah dengan itu.

5. Menjadi Beragam

Penting untuk memiliki ikatan yang kuat, namun tetap jangan meremehkan pentingnya “ikatan lemah.” Hal ini penting untuk menciptakan jaringan yang beragam – dari orang-orang, industri, dan berbeda lokasi – meski koneksi ini mungkin tampak jauh dari karir saat ini. Tapi keanekaragaman juga dapat membantu dibanyak hal.

6. Lakukan Apa yang Dikatakan dan yang Akan

Jangan berlebihan memberi janji dan akhirnya malah tidak bisa memenuhi ekspektasi. Tetap menjaga kredibilitas dengan melakukan pekerjaan sebagai tindak lanjut untuk selalu memenuhi komitmen Anda. Dengan menjaga janji Anda, reputasi Anda akan menyebar ke seluruh jaringan Anda.

7. Jadilah Asli

Semakin Anda mengejar gairah bekerja dari dalam diri sendiri, maka cerita Anda akan lebih menarik ketika Anda berbagi dengan seseorang baik melalui pertemuan langsung, melalui email atau maupun video.

8. Pikirkan jangka panjang

Manakala membangun sebuah bisnis dan akhirnya bertemu dengan seorang dari bagian jaringan bahkan bertemu dengan sebuah jaringan, maka yakinkan mereka untuk mendukung apa yang sedang kita bangun. Bila ada satu hal berbentuk dukungan seperti modal usaha, maka itu bukanlah sebuah akhir. Itu adalah pintu untuk mengawali perjalanan panjang.

Salam sukses

1 thought on “Tips Membangun Jaringan Bisnis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *