Tips Memilih Web Desainer

Web Desainer

Anda membutuhkan web untuk mendukung usaha atau bisnis? Maka anda membutuhkan beberapa tips memilih web desainer dibawah ini. Kenapa anda membutuhkannya? Karena web bisa membuat bisnis anda menjadi lebih baik ke depannya dan bisa juga membuat bisnis anda semakin turun. Karena membangun web pun hendaknya bisa menopang kebutuhan bisnis Anda ke depan, tanpa harus mengeluarkan effort yang berlebihan di masa akan datang.

Apa dan siapa saja sebenarnya ornamen atau orang-orang yang membuat website itu?

A.     Front End/Back End Designer
Designer adalah orang yang akan menentukan atau membantu Anda membuat tata letak, halaman, ornament grafis, lokasi teks dan warna bahkan mungkin juga logo. Designer pulalah yang akan membuat system navigasi dan tampilan antar muka (interface) dari situs anda. Dan juga mengerjakan code CSS + HTML.

B.    Programmer
Programmer adalah orang yang akan mengambil hasil design dari designer kemudian melanjutkannya dalam pengerjaan code pemrograman. Programmer pula orang yang bertanggung jawab segala hal teknis dibalik layar. Dan memastikan situs bisa berjalan dengan baik, bagi anda maupun bagi pengunjung situs ada.

C.    Graphic Designer
Seniman yang akan membuat ornament grafis secara visual di situs anda. Seperti visual antar muka dalam website anda. Jika Web Designer sudah bisa menjalankan fungsinya sebagai Graphic Designer, maka biasanya dia akan sekaligus mengerjakannya.

D.    Internet Marketing Consultant
Orang atau lembaga yang bisa mengerjakan pemasaran dalam dunia online untuk situs, baik itu melalui SEO (Search Engine Optimizer), Copy writing, Content Writing. Dan juga bagaimana menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk situs anda.

Kadang-kadang, jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan semua empat keterampilan ini dari orang yang sama.

Baiklah, mari kita coba menelaah bagaimana tips memilih web desainer yang baik. Perhatikan beberapa hal dibawah ini:

– Apakah mereka bertanya kepada anda tentang bisnis Anda?, Desainer yang baik, selalu akan menanyakan langkah apa saja kiranya yang dibutuhkan dalam merancang situs bisnis Anda. Atau dia akan lebih dulu bertanya kerangka bisnis Anda yang ingin dicapai baik dalam target jangka pendek maupun target jangka panjang.

– Perhatikan situs-situs hasil rancangan designer yang akan anda pilih. Apakah hasil design mereka sudah dibuat seperti templating atau fix? Maksudnya semua desain bentuknya sama bukan custom? Ataukah hasil design mereka lebih fleksibel dan menyesuaikan kebutuhan anda?. Tanyakan kepada mereka, apakah mereka mendesain sendiri ataukah bahkan hanya mendesain dan sisa pemrogramannya dilakukan oleh orang lain? Jika mereka tidak bisa mendesain sendiri, mintalah rekomendasi untuk mendapatkan designer yang handal untuk situs Anda.

– Perencanaan yang terukur dan terstruktur yang baik. Tanyakan kepada mereka apakah mereka mempunyai perencanaan yang selalu terukur dalam membuat website? Seperti apa perencanaan itu dan lihat apakah segala yang didiskusikan dalam pembuatan situs ini di catat olehnya dengan baik.

– Tanyakan tentang finalisasi yang selalu dilakukan oleh designer dalam membuat sebuah website. Apakah mereka memberikan dasar SEO ke dalam situs anda atau tidak. Salah satu contoh dasar SEO yang baik adalah Semantic SEO Code dalam CSS + HTML website anda.

– Tanyakan pula tentang system pembayarannya, apakah akan memakai kontrak ataukah dibayar perjam atau memakai system termin pembayaran. Ingat, designer tidak sedikitpun bertanggung jawab terhadap anggaran anda.

Pricing atau Harga

Harga dalam pembuatan website sangatlah fluktuatif, karena sangat bergantung pada keahlian designer website itu sendiri atau kebutuhan dasar dari situs web itu sendiri. Biasanya sebuah situs yang baik dan berkualitas akan mempunyai tata letak dan grafis yang teratur, dengan harga berkisar pada $3500 atau Rp. 35.000.000,-. Bila anda menambahkan banyak fitur dalam website anda seperti Blog, Newsletter, email setup, SEO, Membership, Logo dan Shopping Cart maka sudah dipastikan harganya akan menjadi lebih tinggi.

Bila Anda menginginkan pembuat atau web desainer yang menyediakan jasa web siap pakai, maka Anda pun harus memilih dengan baik. Saya menyarankan Anda membuka beberapa web penyedia layanan siap pakai dengan harga murah seperti www.kagetweb.com dan www.vkios.com sebagai langkah awal dan perbandingan. Dan tambahkan 1 atau 2 web yang sama sebagai penguat pilihan Anda.

Filing atau Source

Mintalah source design atau source code yang sudah anda bayar. Untuk beberapa tipe pembayaran biasanya tidak termasuk dengan source design dan source code. Karena biasanya Web Designer mempunyai standard sendiri berapa yang mesti klien bayar untuk bisa mendapatkan sources tersebut.

Salam kreatif.

1 thought on “Tips Memilih Web Desainer”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *