Tips Mendesain Diri

Tim Brown, dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa keahlian seorang designer (perancang) bisa di aplikasikan lebih dalam lagi, yaitu mendesain kehidupan. Desainer (perancang) tidak lagi sekedar membuat gambar atau garis-garis berwarna dalam sebuah lembar kertas. Merancang kehidupan diri ini berbeda dengan merencanakan kehidupan.

Kehidupan seorang designer adalah berpikir desain dan hidup di dalamnya, baik itu dalam aktifitas bekerja maupun aktifitas rumah dan keluarga. Berikut ini 5 Faktor Mendesain Diri dari Tim Brown;

1. Optimis, kolaboratif, dan generatif.
Ada keindahan luar biasa memuaskan bila kita bisa menciptakan sesuatu yang baru, apakah itu menciptakan produk online ataupun menciptakan sebuah rumah makan kecil.

2. Hidup ini adalah Prototipe.
Melakukan percobaan, membuat penemuan, mengubah sesuai kebutuhan. Setiap proses dapat dikaji ulang dan rubah (tweak and twist). Carilah kesempatan untuk mengubah proses menjadi sebuah produk (proyek) dengan hasil yang nyata.

3. Jangan bertanya “apa?”, bertanyalah “mengapa?”
Saat kita tiba-tiba menerima sebuah kendala tertentu, tanyakan pada diri sendiri, apakah ini adalah masalah yang tepat untuk dipecahkan atau ditinggalkan?

4. Perkenankan pilihan-pilihan yang berbeda-beda.
Jangan puas dengan ide bagus yang pertama datang ke pikiran atau terlalu memfokuskan diri pada solusi yang menjanjikan yang pertama kali disajikan kepada Anda. Jelajahi pilihan-pilihan yang berbeda-beda kemudian tetapkan jarak dan waktu kapan Anda akan melanjutkan ide tersebut.

5. Sekali sehari, amati sesuatu yang biasa.
Buat aturan bahwa setidaknya satu kali sehari, Anda akan berhenti dan kemudian duduk untuk melihat ke dalamnya sebanyak dua kali, ke dalam situasi yang biasanya Anda lihat cuma sekali atau bahkan Anda tidak ingin melihatnya. Pelajari kehidupan diluar dengan lebih bijaksana dan ambil inspirasi-inspirasi dari banyak orang untuk tetap menyemangati diri.

Selamat merancang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *