Tren Teknologi Tahun 2015 Menurut Gartner

Tren Teknologi Tahun 2015 Menurut Gartner

Mendekati tahun 2015, analisa serta riset tentang tren teknologi yang akan berkembang serta bisa membangun organisasi perusahaan semakin melangkah ke depan pun mulai bermunculan. Sebagai pelaku bisnis digital, sangat menarik memperhatikan beberapa hal, dimana sebenarnya sudah ada yang memulai menjalankannya di akhir tahun 2014 ini.

Menurut Gartner Inc, tren teknologi yang akan muncul masih meliputi tema: Penggabungan dunia nyata dengan maya, munculnya teknologi-teknologi cerdas, dan pergeseran bisnis teknologi sebagai dampak dari perkembangan teknologi. Ini 10 tren teknologi tahun 2015 yang strategis menurut Gartner Inc.

A. PENGGABUNGAN DUNIA NYATA DAN DUNIA MAYA

1. Komputasi dimana-mana

Perangkat mobile akan terus berkembang biak, peningkatan terjadi karena penekanan untuk melayani kebutuhan pengguna ponsel yang terus naik dan terhubung kemana-mana. Keinginan (produsen) perangkat mobile dalam bereksplorasi merupakan buah dari kebutuhan para pengguna.

2. Hal-hal di Internet

Penggabungan semua hal di Internet. Hal-hal yang ada di internet yang kemudian bisa digabungkan sebagai data untuk layanan-layanan yang di-digital-kan akan menciptakan 4 model dasar penggunaan dalam teknologi ini, seperti; Mengelola, Menguangkan, Mengoperasikan dan Berkelanjutan.

3. Percetakan 3D

Cetak 3D akan memasuki titik kritis selama 3 tahun ke depan sebagai pasar relatif murah. Perangkat percetakan 3D terus berkembang pesat dengan keperluan industri yang ikut memperluas teknologinya secara signifikan.

B. TEKNOLOGI-TEKNOLOGI CERDAS

4. Analisa Data yang Canggih

Bermunculannya data di dunia maya, semakin memicu banyak organisasi perusahaan untuk mengkreasi analisa-analisa datang yang lebih canggih. Perkembangan teknologi ini pun mengikuti apa kondisi lingkungan yang ada.

5. Kekayaan Data yang tersistem

Teknologi cerdas yang tertanam dan ada dimana-mana, dikombinasikan dengan analisa yang berdasarkan resapan terhadap kebutuhan lingkungan akan menambah pengembangan sistem yang mampu merespon kondisi dengan tepat. Mengembangkan kekayaan data yang ada tersebar akan menjadi teknologi yang menarik.

6. Mesin Pintar

Mesin pintar dalam prototype kendaraan, robot yang canggih, virtual asisten pribadi akan berkembang pesat. Ini mengantarkan era baru dalam mesin pembantu, era mesin pintar di tahun depan ini diprediksi akan menjadi teknologi informasi yang paling “mengganggu” sepanjang sejarah IT.

C. PERGESERAN BISNIS TEKNOLOGI

7. Komputasi Awan (Cloud Computing)

Pertemuan komputasi Cloud dan dan komputasi mobile akan terus mendorang pertumbuhan aplikasi yang terkoordinasi akan dapat mengirimkan data ke perangkat apapun. Teknologi dalam aplikasi pun akan terus berkembang menuju kemajuan yang pesat.

8. Aplikasi Software Infrastruktur

Pemrograman tangkas dari segala sesuatu akan menyentuh aplikasi untuk infrastruktur. Infrastruktur yang selalu menjadi dasar penting dalam perjalanan sebuah perusahaan/bisnis. Sehingga memberikan tambahan fleksibelitas bagi para pemrogram untuk membuat karya bisnis digital yang dibutuhkannya.

9. IT Web Skala

Pola komputasi kelas dunia yang memberikan kemampuan penyedia layanan cloud yang besar dalam pengaturan perusahaan IT. Organisasi raksasa seperti Amazon, Google dan Facebook tentu akan menjadi pioneer dalam memulai membangun aplikasi dan infrastruktur yang besar ini.

10. Keamanan dan Perlindungan

Keamanan teknologi telah membawa banyak hal menuju masa depan digital, namun bukan berarti tanpa resiko. Gangguan akan selalu ada dan inilah yang akan memicu organisasi perusahaan untuk menerapkan penilaian resiko serta memitigasi alat yang lebih canggih. Organisasi bisnis di bidang ini akan semakin berkembang pesat karena semakin banyaknya data yang terhubung kemana-mana.

Bila membutuhkan aplikasi dan sistem informasi untuk perusahaan kunjungi halaman Alurkria.net

Salam kreatif.

Tren Teknologi 2015 Infografik

[xyz-ihs snippet=”300×250-Ads-Responsive”]

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.