Trend Dunia Kerja Baru: Coworking

Teknologi, memberikan imbas banyak dalam evolusi industri di berbagai bidang. Perkembangan teknologi yang demikian pesat, juga turut membawa serta perubahan behaviuor pelaku bisnis dan industrinya.

Pekerjaan tidak lagi membutuhkan tempat atau tempat yang besar, pelaku usaha bisa memulai usahanya dari kamar tidur, kamar kos hingga halaman depan rumah. Bahkan mereka bisa mengontrolnya dengan duduk di kursi sebuah kedai kopi. Deal bisnis tidak lagi berawal dari sebuah kantor, lebih banyak terjadi di meja makan sebuah restoran.

Sisi lemah dari pekerjaan yang berawal dari sendiri dan mengerjakannya pun sendirian, adalah mudahnya hilang fokus karena berbagai macam kegiatan yang mudah untuk diikuti. Akhirnya, banyak pula usahawan yang menjalankan model usaha seperti ini pun banyak yang jatuh dan terkubur tanpa memiliki nisan.

Muncullah trend dunia kerja baru: Coworking.

Coworking ini berawal dari intisari kegagalan-kegagalan yang terjadi pada pelaku usaha seperti di atas. Sebuah perbaikan atau solusi ide dari masalah-masalah yang timbul karena mulai kaburnya antara pekerjaan pribadi dengan usaha. Dengan model coworking seperti ini, fokus menjadi lebih terarah karena disana ada kurator yang bertugas mengakomodir sumbangan ide maupun konsep bisnis, dengan mengkolaborasikan setiap pelaku usaha dalam satu tempat.

Coworking merupakan perpanjangan dari model konsumsi secara bersama-sama dari banyak pelaku usaha. Dalam suasana kolaborasi – Coworking ini, setiap pelaku usaha tidak perlu takut atau bingung lagi untuk menjalankan sebuah ide bisnis sendirian. Akan ada banyak bantuan dari orang-orang yang ada di sekitar.

Bila Anda bekerja sendirian, mulailah untuk mencari tempat Coworking yang tepat sesuai selera dan bergabunglah dengan mereka semua yang sudah ada didalamnya. Cukup dengan satu meja dan koneksi internet maka Anda sudah memiliki ruangan kerja, beserta rekan kerja lainnya di seputaran Anda. Karena sehebat apapun kita, akan tetap butuh tim yang membantu menjalankannya.

Selamat mencoba dunia kerja baru: coworking.

Salam sukses.

2 comments found

  1. Entah kenapa pas lihat gambarnya langsung fokus dengan laptop yang dipake.
    Kayaknya Macbook semua tuh, hahahha…
    Hmm..keren juga ya coworking itu.
    Saya malah baru tahu 😆

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.