• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

10 Tipe Inovasi Bisnis ala Larry Keeley

10 Inovasi Larry Keeley

Jaman dimana dunia bisnis mengalami disrupsi diberbagai bidang melalui teknologi yang bisa melibas semua bisnis yang berdiri, maka dibutuhkan ketenangan untuk tetap bergerak menjalani bisnis dari hari ke hari. Tentu saja butuh inovasi demi mempertahankan laju perusahaan.

Inovasi bukan hanya tentang produk baru seperti iPhone atau Digital Camera terbaru. Inovasi terjadi pada hampir semua lini bisnis dan kehidupan manusia. Dalam bukunya 10 Types of Innovations, Larry Keeley dan teamnya menjabarkan 10 Tipe Inovasi:

10 Tipe Inovasi

1. Profit Model / Model Keuntungan

Bagaimana perusahaan membedakan diri dari kompetitornya dengam model profit yang berbeda. Misalkan dulu kita beli software box, sekarang kita langganan pertahun. Dulu kita beli game software, sekarang game-nya gratis tapi beli gadget atau tools dari game itu kita harus bayar. Gillette dan HP printers, mencari untung dari silet atau tinta bukan dari alat utamanya.

2. Network / Relasi

Dimana perusahaan lebih memanfaatkan networknya untuk memaksimalkan bisnis bisnis. Seperti Toshiba meng-outsource-kan servicenya pada UPS, sehingga perbaikan Toshiba tidak perlu dikirim ke Toshiba tapi di kerjakan di dalam perusahaan pengiriman barang UPS. Juga misalkan Pabrik Rokok mensponsori pagelaran rock band.

3. Structure / Struktur

Asset perusahaan diusahakan untuk di inovasikan untuk menghasilkan profit dan bisnis yang optimum. Southwest airline selalu memakan pesawat Boeing 737 yang sama untuk seluruh fleetnya. Taxi Express di Jakarta yang sopirnya bisa menjadi pemilik setelah berapa tahun.

4. Process / Proses

Inovasi berbasis proses bisnis. Lean manufacturing Toyota, Zara yang memakai sistem cepat dalam pembuatan bajunya hingga bisa dalam 6 minggu mengirim produk barunya, sementara yang lain harus butuh 6 sd 12 bulan untuk menciptakan produk baru. Dell dengan zero inventory-nya.

5. Product Performance / Performa Produk

Apple adalah jawaranya, semua produknya inovatif. Ini memang apa yang kita pikirkan kalau ada kata “inovasi” kita dengar. Tetapi bukan produk saja yang bisa di inovasi. Saya kira Hermes, Vertu, BMW masuk ke kategori ini.

6. Product System / Sistem Produk

System dalam penciptaan produk, seperti Linux yang dibuat “gratis”, atau Android, ataupun “Tedtalks” yang dibuat tersedia untuk semua di internet. Semuanya berupa inovasi sistem. Sepatu TOMS yang membagikan satu sepatu gratis ke negara berkembang setiap anda membeli satu sepatu.

7. Service / Layanan

Inovasi berbasis service, seperti Zappos yang membolehkan orang mengembalikan sepatu pembeliannya dalam setahun, atau Nordsdorm yang super bagus servicenya adalah inovasi dalam basis ini.

8. Channel / Saluran

Distribusi inovasi dalam kontak antara pembeli dan penjual yang baru, seperti Maicih menjual lewat twitters, Amazon sebagai raja internet tanpa toko.

9. Brand / Merek

Inovasi dalam branding, selalu memberikan kekuatan yang besar sebagai kekuatan bisnis. Vertu, Hermes dengan Birkinsnya, ataupun Intel yang sebenarnya produknya hanya ada didalam komputer-komputer merek lain saja.

10. Customer Engagement / Kedekatan dengan Pelanggan

Keakraban dengan pelanggan juga dapat di inovasikan sehingga menghasilkan sebuah value yang sangat dihargai oleh pelanggannya. Ritz Carlton, Nortsdorm, atau Amazon merupakan jawara yang sangat care sama pelanggannya.

No 1 sd 4 adalah termasuk dalam “Konfigurasi Bisnis”, yang sangat berasal dari internal perusahaan, no 5 dan 6 adalah “Penawaran” kita, sedangkan 7 sd 10 adalah “Pengalaman” yang dirasakan dan dibeli pelanggan kita.

10 Types of Innovations ini berguna untuk melihat peluang apa yang bisa kita inovasikan di bisnis kita. Kadang-kadang ada hanya 1 atau 2 hal yang bisa di inovasikan, kadang bisa lebih. Satu brand bisa melakukan inovasi di beberapa kategori ini sekaligus.

Ini memungkinkan kita untuk secara terarah memikirkan setiap kategori dan memikirkan apa yang bisa dilakukan di bisnis kita. Dengan framework ini kita juga bisa lebih jeli menganalisa inovasi bisnis dari industri lain, dan meniru apa yang dapat kita gunakan untuk bisnis kita.

Selamat berinovasi.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

One Response

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved