3 Cara Digital Marketing untuk Ekspor Produk ke Luar Negeri

3 Cara Digital Marketing Ekspor

Bagi orang yang sudah biasa melakukan pemasaran produk untuk ekspor, tentu sangatlah mudah dalam mengekspor produk ke luar negeri. Namun tidak bagi para pemula yang ingin berkecimpung dalam dunia ekspor produk, apalagi bagi yang tidak memiliki dasar cara digital marketing atau pemasaran. Sementara ekspor produk merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan pemberdayaan.

Cara Digital Marketing untuk Ekspor

Lalu bagaimana caranya agar bisa mulai memasarkan produk dan bisa ekspor bagi pemula? Saya akan berbagi 3 cara digital marketing untuk ekspor produk ke luar negeri, cara sederhana yang bisa dilakukan oleh para pemula. Berikut ini tipsnya:

1. Gabung dengan Platform Marketplace

Sudah sejak bertahun-tahun lalu, bergabung dalam berbagai platform marketplace untuk menawarkan, promosi hingga mengenalkan produk menjadi salah satu cara paling efektif. Karena dengan bergabung di Marketplace maka sangat besar kemungkinannya bagi kita mendapatkan kenalan calon pembeli dari berbagai negara.

Apa saja platform marketplace yang bisa diikuti?

Ada puluhan hingga ratusan marketplace yang bisa digunakan untuk pemasaran produk ekspor, bisa dengan mudah mencarinya ke dalam mesin pencarian nama hingga jenis marketplace sesuai produk yang ingin kita tawarkan. Kita akan bahas ini lebih lanjut di lain waktu.

Hal yang sangat diperhatikan adalah kesabaran, serta kehati-hatian saat mulai memperkenalkan produk dan mencari calon pembeli. Karena tidak semua pembeli adalah benar-benar pembeli, banyak juga yang melakukan penipuan.

Jika ingin lebih aman, gunakan fitur berbayar yang ditawarkan oleh marketplace tersebut, biasanya yang sudah berbayar merupakan pembeli terseleksi. Namun tetap harus hati-hati.

2. Memanfaatkan Iklan

Iklan memang berbayar, tapi justru karena berbayar inilah menjadikan iklan lebih efektif. Mengapa? Karena bisa langsung menjangkau calon pembeli secara tertarget, baik target negara maupun target produk yang dicari oleh calon pembeli. Menggunakan iklan akan mempercepat promosi produk.

Kalian bisa membuat iklan tentang produk yang ingin di jual ekspor, namun ada beberapa syarat yang sebaiknya dipenuhi, salah satunya adalah memiliki situs web ekspor sendiri seperti saya memiliki web situs produk ekspor charcoal. Dan juga syarat kemampuan berbahasa internasional, minimal bahasa inggris.

Penggunaan iklan ini bisa melalui mesin pencarian seperti Google, atau juga menggunakan platform social media seperti Facebook, Instagram maupun Twitter.

3. Bergabung dengan Komunitas

Bergabung ke dalam komunitas, baik komunitas produk maupun komunitas penggiat ekspor yang ada di online akan sangat membantu dalam mempercepat pengetahuan akan produk hingga transaksinya. Sudah tentu ini akan mempercepat juga promosi produk yang dimiliki.

Cara ini sangat efektif bagi para pemula yang fokus dalam proses produksi saja atau pun fokus hanya dalam proses marketing. Seperti kita tahu, tidak semua pemilik atau produsen produk bisa memasarkan, dan begitu juga sebaliknya.

Dimana saja komunitasnya? Ada di sosial media, web atau forum-forum. Kalian bisa memulai browsing mencari tempat-tempat tersebut dan mulailah bergabung.

Dan saya sangat menyarakan bagi kalian yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis ekspor, untuk membaca tulisan dari Mas Heru Cahyono ini, sebuah dasar sangat penting bagi pebisnis ekspor.

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved

Mari Tertawa
Bahagia.

Ikuti Saya