5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

Langkah Membangun Bisnis

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa.

Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis, serta menjalankannya hingga menjadi besar. Maka bagi pemilik pertanyaan seperti itu, bisnis tanpa modal itu sangatlah mustahil.

Benarkah bisnis harus disertai modal, kalau perlu modal bisnis yang banyak berupa uang dan segala kelengkapannya untuk menjalankan bisnisnya?

Selama ini orang berpikir bahwa membangun bisnis tanpa modal hampir pasti tidak bisa. Ini tidak sepenuhnya salah, bila dikaitkan bahwa modal adalah sebuah persiapan berupa uang dan materi yang diperlukan.

Namun juga tidak sepenuhnya benar jika yang dimaksud dengan modal adalah fisik yang sudah siap, mental, atau apa yang ada dan kita punya. Maka perlu kombinasi yang baik dalam cara berpikir agar bisa mulai membangun bisnis tanpa modal.

Saya rasa, bila kamu membuka halaman google kemudian mengetik kalimat “membangun bisnis tanpa modal”, maka akan keluar berbagai artikel yang berisikan tentang kesuksesan membangun bisnis tanpa modal hingga tip dan trick menjalankannya.

Kamu bisa belajar perlahan, membaca serta mencatat hal-hal yang penting, selanjutnya disesuaikan dengan kondisi diri sendiri baik itu soal keuangan hingga sikap, sifat dan mental kita masing-masing.

Nah, karena di situs web sudah banyak yang membahas soal memulai bisnis dari nol modal hingga akhirnya menjadi jutawan hingga milyarder, dari berbagai sumber, maka saya akan mencoba menuliskan 5 cara membangun bisnis tanpa modal ala saya.

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

Apa saja yang saya lakukan untuk memulai bisnis tanpa modal?

1. Pilih Produk/Jasa Tanpa Modal

Jangan pernah berpikir untuk langsung memiliki sarana atau prasarana lengkap dalam sebuah bisnis. Lupakan dulu atau kalau perlu tekan sekeras mungkin keinginan untuk memiliki segala kesiapan lengkap saat memulai bisnis.

Lakukan saja dari hal terkecil yang bisa dilakukan, mengapa begitu? Karena wajib bagi kita untuk menyesuaikan skala kemampuan diri. Dan perlu diingat, skala kemampuan ini juga berdasarkan ukuran sepatu kita masing-masing, tidak bisa disejajarkan dengan ukuran sepatu orang lain.

Cara produk atau jasa yang bisa dijual tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu. Misalnya: ikut memasarkan jasa sewa mobil di Cipendawa rent bus.

Hubungi pemiliknya, tawarkan diri ikut membantu memasarkan jasa sewa yang ada disana. Dengan menyepakati sekian rupiah pertransaksi sebagai bagian dari komisi penjualan jasa.

Sedikit demi sedikit tambahkan kemampuan membangun seiring berkembangnya bisnis yang sudah dimulai, dengan begitu kita akan lebih mudah menguasai bisnis lebih baik meski tanpa modal.

Kalau masih bingung memilih produk atau jasa bisnis tanpa modal, silahkan kunjungi halaman situs web Kios Grab.

2. Jangan Berpindah Haluan

Fokus pada satu hal, hindari dan paksa diri sendiri untuk tidak tergiur memasarkan hal lain manakala sudah memilih satu bidang sebagai jalan memulai bangun bisnis. Dan mulailah menabung.

Saya dulu, ketika memulai bisnis di bidang teknologi, benar-benar fokus sampai bertahun-tahun. Dari nol pengalaman hingga sekarang. Kekuatan agar tetap fokus pada sebuah bidang pekerjaan memang sangat dibutuhkan, biasanya godaan muncul saat usaha mulai berjalan.

Godaan munculnya berbagai ide atau kesempatan mengejar peluang memang menjadi kembang gula saat membangun bisnis, apalagi kalau kesempatan tersebut juga menawarkan bisnis tanpa modal, iya kan? :)).

3. Bangun Kantor Bisnis

Buatlah alamat sebagai tempat tujuan surat menyurat atau buat email, bikin segera kartu nama, kop surat, logo perusahaan kalau perlu buatlah situs web sebagai kantor virtual.

Kamu harus bikin alamat kantor bisnis untuk membuktikan bahwa keberadaan bisnismu memang nyata, dan bahkan saat terpaksa harus menemui pelanggan atau rekanan, mereka bisa datang menemui di alamat yang sama.

Mulailah merekrut karyawan agar segala pekerjaanmu bisa terdelegasi dengan baik, ini sangat penting agar kamu bisa mulai membangun jaringan bisnis kemana – mana.

4. Membangun Jaringan

Apakah aset terbesar dari sebuah bisnis? Ya jaringan. Maka segera lakukan langkah – langkah membangun aset bisnis melalui pengembangan jaringan dalam berbagai hal.

Kamu bisa ikut seminar, nongkrong di kafe, main golf atau pun hal lain yang bisa meningkatkan jaringan bisnis dan membesarkannya.

Perkenalkan diri sebagai pelaku bisnis, tampakkan diri bahwa kamu memang layak menjadi rekanan bagi pelaku bisnis lain hingga melakukan komunikasi rutin kepada para rekanan yang sudah terbangun.

Baca tentang Tips Membangun Jaringan.

5. Menjadi Ahli

Perlahan namun pasti, jadikan diri kita sebagai ahli di bidang yang sudah di pilih. Hindari sikap ragu dan setengah-setengah. Apapun bidang bisnis kamu bangun, pastikan diri sendiri sebagai ahli di bidang itu.

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan bila menjadi ahli di bidangnya, salah satunya akan banyak di cari pelanggan. Dengan maka bisnis pun perlahan terbangun lebih besar dan besar lagi.

Bagaimana cara menjadi ahli dalam sebuah bidang bisnis? Semoga saya bisa menuliskannya segera.

Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

Merawat Pikiran Positif Selama Membangun Bisnis

Setelah perlahan bangunan bisnis tanpa modal mulai tertata secara rapi, lalu apa saja upaya yang harus dilakukan agar tetap berada pada jalur bisnis dengan baik?

1. Jangan Wajarkan Ketakutan

Seperti apakah mewajarkan ketakutan itu? Ini adalah sikap mencari – cari alasan agar tetap berada pada status quo alias kondisi nyaman tanpa perkembangan bisnis menjadi maju.

Seringkali perilaku ini dikarenakan pernah mengalami satu atau dua kali salah langkah hingga menimbulkan kerugian. Yang bahaya dari perilaku ini adalah perlahan ketakutan ini menjadi sebuah kewajaran.

Takut rugi itu wajar, namun jika akhirnya sikap takut itu menjadi lebih dominan menguasai hingga menyebabkan bisnis tidak maju, hanya berjalan di situ-situ saja, apakah tidak merugikan?

Jatuh bangun dalam sebuah langkah membangun bisnis tanpa modal itu sangat biasa, tanpa jatuh kamu tidak akan pernah tahu arti kata bangun. Maka penting untuk tetap merawat pikiran positif.

Hal paling penting dari semua kesalahan yaitu kemampuan diri untuk akhirnya menyadari serta memperbaikinya. Jangan lupa, orang lain yang sudah dewasa dan juga pernah mengalami kesalahan akan bisa menerima salahnya kita, jadi jangan takut untuk bangun.

Jangan tanya saya, sudah berapa kali jatuh bangun dalam membangun bisnis – bisnis tanpa modal saya ini :)).

2. Perbaiki Komunikasi

Memperbaiki komunikasi atau lebih tepatnya cara berkomunikasi dengan orang lain. Dari mulai gestur, susunan kalimat hingga bertindak dalam menjawab atau menanyakan sesuatu.

Hal paling penting dari langkah perbaikan komunikasi adalah MENDENGAR. Tanpa mau mendengar, kita takkan mampu memahami atau bahkan tak akan bisa mengerti apa yang orang lain bicarakan. Kemampuan mendengar harus didahului kemampuan untuk diam memperhatikan.

Maka disini, diam saja tidak cukup, tapi harus disertai diam memperhatikan dan mendengarkan lawan bicara, atau bahkan mendengarkan pikiran diri sendiri.

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki komunikasi adalah MEMBACA. Bacalah apa yang muncul di depan kita, apa yang diucapkan orang lain atau yang dituliskan.

Baca juga kemungkinan ke depan apa yang akan terjadi bila kita bertindak berikut dengan segala efek baik buruknya. Akan lebih bagus lagi bila dibarengi serta membaca diri sendiri, akan karakter dan kepribadian diri kita sendiri.

Dengan mendengar, membaca dan mengenali lingkungan baik lingkungan keluarga atau pun jaringan pertemanan yang sudah ada, akan lebih memudahkan bagi kita untuk memulai berbisnis tanpa menggunakan modal. Tapi tetap harus diingat bahwa modal tak selalu nol ya. Ini perlu terus dilakukan agar bisa tetap menjaga motivasi diri.

3. Poin Penting

Persiapkan langkah membangun bisnis tanpa modal sesuai kemampuan, mulailah dari hal yang kita miliki disertai percaya diri yang baik dan kemudian kembangkan terus menerus.

Lakukan langkah – langkah membangun bisnis tanpa modal ala saya ini perlahan, lakukan sebaik mungkin dan sesuaikan dengan kondisi diri sendiri. Karena situasi dan kondisi kita tentulah berbeda.

Belajarlah terus mengenali diri sendiri dan bisnis, sembari terus menerus memperbaiki komunikasi pribadi atau pun terhadap orang lain sehingga terbangun jaringan bisnis yang bagus sebagai bahan bakar kita untuk menjalani langkah membangun bisnis tanpa modal menjadi lebih besar dan BESAR lagi..

Takut jatuh itu wajar, namun tanpa merasakan jatuh kita takkan bisa merasakan nikmat ketika berhasil BANGUN

Kika Syafii

Salam Kreatif

16 Responses

  1. Mantab tipsnya, mas Kika. Semakin menguatkan niat saya untuk jadi usahawan. Sudah saatnya ganti kuadran, dari penerima gaji menjadi pemberi gaji. Insya Allah. Mohon doanya.

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved