• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

7 Cara Mengatasi Hari Buruk dengan Pikiran Positif

7 Cara Mengatasi Hari Buruk

Tiba-tiba saja hari menjadi buruk, tidak sesuai dengan harapan yang kita impikan semalam dan banyak lagi yang membuat hari semakin terasa kelam. Bahkan angan-angan tampak memudar. Semua hal terasa menjadi bikin jengkel, emosi mudah meluap dan hari pun terasa jadi buruk.

Bersabarlah, masih ada beberapa cara untuk membuat hari kita tetap terasa baik bahkan mungkin bisa menghilangkan hari buruk dan pikiran buruk tersebut.

Berikut ini ada 7 cara mengatasi hari buruk dengan pikiran positif;

1. Masa lalu tidak sama dengan masa depan

Tidak ada yang namanya nasib buruk. Mengapa orang cenderung percaya dengan kalimat “nasib buruk?”, karena pada dasarnya otak manusia telah menciptakan pola ingatan dari peristiwa-peristiwa yang pernah dialaminya secara acak. Jadi ingat selalu bahwa nasib buruk itu tidak ada. Pikiran yang menciptakannya.

2. Menolak dramatisasi perasaan

Laju langkah kaki kita tanpa sadar akan melangkah ke dalam masalah yang terus menerus hidup didalam pikiran. Maka refleksikan diri kita untuk tetap menjadi positif dalam langkah ke depan.

Jika kita sanggup meyakini bahwa semua akan baik-baik saja, maka semua akan menjadi baik-baik saja. Yang perlu kita jalani adalah mencegah dramatisasi pikiran yang terus berjalan bila kita masih terus mengingat kesulitannya atau perasaan kita semata.

3. Berpikir seimbang

Pikirkan hal yang lebih besar, diluar semua kesedihan yang besar. Lakukan semua selangkah demi selangkah dan susun satu per satu dengan konsep sederhana. Hidupkan impian dengan beserta yang akan dicapai.

4. Merubah batasan pikir “baik” dan “buruk”

Segera putuskan bahwa hari baik itu setiap hari. Ingatkan diri sendiri untuk tetap yakin bahwa kita masih di atas tanah, bukan didalamnya. Pikirkan saja bahwa hari buruk adalah manakala kita berbuat jahat seperti mencuri mobil, membunuh orang, korupsi, bohong dan lainnya. Dengan merubah batas pikir, dengan menjadi pikiran positif kebahagiaan akan lebih mudah untuk diraih.

5. Meningkatkan kimia tubuh Anda

Suasana hati yang buruk akan mudah membuat diri kita menjadi lelah bahkan tanpa mengerjakan apapun. Ubah polanya dengan bangun dan bergerak. Lakukan sesuatu apakah itu jalan-jalan atau membeli makan yang sehat. Karena tubuh kita memiliki reaksi kimia yang saling mengumpan balik.

6. Fokus pada apa yang baik

Alasan utama kita yakin itu hari yang buruk adalah bahwa kita terfokus pada apa yang salah. Namun, bila kita mau memandang atau melihat lebih jauh segala hal yang lain, mungkin akan ada ratusan kebaikan lebih banyak daripada hal yang buruk. Buat daftar hal-hal yang baik dan tempelkan ditempat yang mudah dilihat.

7. Bayangkan sesuatu yang menakjubkan

Sama seperti sikap ketika kita melihat malapetaka dan kesuraman hingga membuat kita terfokus dengan itu. Maka kita harus bisa menciptakan hal-hal menakjubkan yang pernah kita lewati atau bahkan yang akan datang dan akan terlewati.

Carilah hal yang indah yang pernah membuat diri kita hingga heran atas semua yang terjadi dan bersyukurlah dengan itu. Karena anggapan yang ada dalam pikiran kita akan menciptakan hal yang sama di kejadian nyata. Selalu bersyukur dengan yang ada dan hiduplah untuk apa yang sudah tercipta untuk diri kita dengan baik. Pikiran positif akan membuat kita menjadi lebih tenang dan maju dengan baik.

Salam semangat.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

4 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Iman Brotoseno Dirut TVRI

Blogger Senior jadi Direktur Utama TVRI

Pernah dengar Pesta Blogger? Atau pernah nonton film 3 Srikandi yang bercerita tentang 3 atlit panah nasional berikut dengan perjuangannya? Nah, aktor utama dibalik Pesta

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved