Alasan Untuk Berjuang, Sebuah Hal Wajib untuk Dimiliki

Alasan untuk Berjuang

Alasan untuk berjuang, atau dalam bahasa inggrisnya a reason to fight, sebuah hal yang jarang sekali dimiliki. Beberapa kali berdiskusi dengan teman-teman yang dari Luar Negeri, mereka sering mengedepankan kata “everyone should have a purpose” artinya setiap orang harus memiliki tujuan.

Seorang wirausahawan atau entrepreneur wajib memiliki alasan untuk berjuang ini, bahkan kalau saya boleh bilang, semua orang dari kalangan apapun wajib memiliki alasan berjuang demi tujuan hidupnya. Sebuah alasan berjuang yang baik dan bagus akan semakin membangun kepribadian yang baik.

Alasan untuk Berjuang

Banyak orang hidup dengan kekurangan motivasi, kehilangan semangat hingga enggan beranjak dari kegagalan yang sebenarnya tidak tidak akan menjadi gagal manakala masih terus dijalankan. Tanpa sadar pula, banyak orang yang lebih menyukai tetap hidup dalam keadaan terpuruk, tak sedikit pula yang lebih memilih untuk menghancurkan diri sendiri terus menerus.

Salah satu contoh dari orang yang kekurangan motivasi atau kehilangan semangat hidup adalah orang yang terus menerus menyalahkan keadaan atau menyalahkan orang lain.

Tanpa alasan dan tujuan hidup yang jelas, maka tidaklah mudah bagi kita memetakan seperti apa diri sendiri, bagaimana kondisi keluarga atau kenapa kondisi terus menerus tidak mengikuti perubahan yang diinginkan oleh pikiran kita. Sementara pikiran kita terus menerus menekan dengan mengatakan bahwa kita sudah bekerja keras.

Beberapa orang yang menjalani ini, semua dikarenakan tidak memiliki “a reason to fight” atau alasan untuk berjuang, berjuang lebih kuat lagi, lagi dan lagi. Kehidupan yang asal jalan, tidak tertata dari setiap langkah yang dilakukannya dan menerima sesuatu tanpa berusaha mengkoreksi.

Apa saja contoh Alasan untuk Berjuang?

Dalam sebuah acara motivasi, saya mengatakan bahwa setiap orang perlu dan sangat penting untuk memiliki sebuah alasan dalam berjuang. Alasan ini bisa dijadikan sebagai dasar atau patokan atau pegangan agar terus kuat menjalani kehidupan maupun kehidupan bisnis.

Alasan apapun baik itu buruk maupun bagus, boleh digunakan sepanjang tidak untuk menyakiti orang lain atau berbuat kriminal tidaklah masalah. Anda bisa memilih alasan berjuang anda sendiri sesuai kemauan, seusai kebutuhan, dengan begitu anda akan lebih mudah membangun tujuan hidup.

Saya memiliki sebuah contoh dari seorang teman yang banyak menginspirasi: dia seorang seniman yang asli dan hidup di Bali.

Istri saya pernah menanyakan kenapa saudaramu itu (istri memang tahu kalau saya menganggapnya sebagai saudara) memilih hidup tetap di Bali dengan ekonomi pas-pasan, padahal punya banyak kesempatan menjadi sosok seniman yang besar dan bisa banyak uang?

Karena dia memiliki tujuan hidup untuk tetap membangun generasi seni disekitarnya, dengan tujuan itu dia memiliki alasan untuk berjuang serta bersemangat membangun masyarakat sekitarnya. Dari mulai anak kecil hingga dewasa, dididiknya menjadi seniman sesuai bakat serta minatnya masing-masing.

Hasilnya, mulai banyak seniman tulis, seniman lukis hingga perupa yang muncul dari lingkungan sekitarnya. Dengan pula tetap menerapkan kewajiban memiliki pendidikan akademik yang bagus, sehingga memunculkan generasi yang sungguh luar biasa hasilnya.

Terapkan Alasan, Perjuangkan Tujuan

Alur bagannya:

Tujuan –> Alasan –> Perjuangan

Anda wajib menerapkan terlebih dulu tujuan dalam hidup, kemudian jadikan tujuan hidup ini sebagai alasan dalam perjuangan kehidupan maupun bisnis yang terus menerus akan menghantam serta menguji kekuatan diri. Tidak ada hidup atau bisnis yang tanpa kendala, semua ada ujiannya masing-masing.

Sebagai bagian masyarakat, sebagai individu dalam masyarakat, sebagai entitas pribadi manusia, maka sudah menjadi keharusan untuk terus belajar menjadi lebih baik. Dengan menerapkan tujuan yang jelas maka Anda akan memiliki sebuah alasan berjuang yang lebih pasti serta menjadi penyemangat setiap hari.

Dengan alasan dan tujuan, kita bisa terus menjadi lebih baik, menghentikan kegagalan dan terus berjalan serta memaksa diri sendiri menjadi pribadi yang mau mendengar serta membaca. Tidaklah mudah menjadi pendengar yang baik, karena secara kodrat sifat kita lebih ingin didengar serta bicara lebih banyak dibanding mendengar.

Maka memiliki tujuan, memiliki alasan untuk berjuang bisa lebih memberi dorongan besar dalam menjalani perjuangan hidup maupun bisnis Anda.

Dan mungkin lagu berjudul A Reason to Fight dari Band Disturbed ini memberi inspirasi dalam tujuan hidup Anda.

Selamat berjuang.

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved

Mari Tertawa
Bahagia.

Ikuti Saya