• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Bos Facebook pun Melirik Indonesia sebagai Pasar

Bos Facebook

Kemarin, Indonesia digemparkan dengan kedatangan Bos Facebook Mark Zuckerberg. Berawal dari statusnya yang disertai foto saat berada di Candi Borobudur Jawa Tengah.

Kemudian dilanjutkan dengan pertemuannya bersama Para Penggiat dunia digital dari mulai programmer web hingga mobile. Juga pertemuannya dengan Presiden Terpilih Joko Widodo.

Benarkah bos Facebook ini datang ke Indonesia untuk membantu membangun dunia usaha yang ada? Kita yang harus cermat. Memang sebuah kebanggaan manakala negara Indonesia dikunjungi oleh orang hebat dan bersedia menikmati keindahaan Indonesia.

Sebagai penggiat dunia bisnis digital, saya melihat kedatangan Bos Facebook ini adalah pisau bermata dua. Di satu pihak, saya bersyukur karena bisnis melalui digital di Indonesia akan semakin terdorong untuk maju, namun di pihak lain saya semakin miris melihat Indonesia terus-terusan menjadi pasar bagi pebisnis dari Luar Negeri.

Facebook adalah platform bisnis digital yang sudah besar dan mapan, seperti juga dengan OLX, Zalora, Lazada dan lain-lainnya yang ramai-ramai “menjajah” Indonesia dari segi ekonomi transaksi.

Lambannya perkembangan bisnis digital perusahaan-perusahaan di Indonesia serta kurangnya apresiasi dari masyarakat Indonesia sendiri terhadap pengembang dalam negeri, juga pemerintah yang kurang mewadahi, telah dengan mudah membuat perusahaan-perusahaan kapital dari luar negeri mudah sekali masuk.

Kembali lagi disini membuktikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan untuk perusahaan-perusahaan besar. Potensi besar yang berawal dari 240 juta penduduk dan tersebar di seluruh pelosok ini.

Sebuah potensi yang mungkin belum benar-benar disadari oleh banyak perusahaan-perusahan baik besar maupun kecil di Indonesia sendiri, terutama untuk merubah strategi bisnisnya menjadi bisnis digital.

Pergerakan dunia online internet berikut dengan perangkat digitalnya telah berhasil meratakan penggunaan dalam keseharian, namun kesadaran untuk benar-benar memanfaatkan, rupanya masih menjadi pekerjaan rumah yang besar.

Bisnis digital adalah bisnis semua orang. Menurut survey yang dilakukan oleh Alvara Research, gaya pasar yang tidak beranjak segera ke dalam pasar modern termasuk didalamnya menggunakan perangkat digital, akan perlahan tergeser keberadaannya.

Oleh karenanya, bagi pengembang dan pebisnis digital di Indonesia, mari bersemangat. Masih banyak celah yang bisa dimasuki dalam bisnis ini.

Salam Kreatif

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Iman Brotoseno Dirut TVRI

Blogger Senior jadi Direktur Utama TVRI

Pernah dengar Pesta Blogger? Atau pernah nonton film 3 Srikandi yang bercerita tentang 3 atlit panah nasional berikut dengan perjuangannya? Nah, aktor utama dibalik Pesta

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved