• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

5 Langkah Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri Pakai Elementor

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Saya pernah menuliskannya di artikel “mengapa bisnis butuh website yang bagus“. Disitu saya tuliskan beberapa alasan mengapa kita harus bisa punya alias wajib memiliki situs web yang bagus dan menarik. Salah satu alasan terbesarnya adalah, situs web bisnis merupakan perwujudan toko di dunia online.

Namun ada orang orang menanyakan kepada saya, apakah penting memiliki situs web bisnis sendiri sementara sudah mulai banyak marketplace toko online berdiri, dan disana kita sebagai pelaku bisnis tidak perlu repot lagi membuat situs web bisnis sendiri, tinggal masuk mendaftar, dan dalam sekejap sudah memiliki toko online.

Marketplace Online

Ini sangat betul. Perkembangan bisnis online begitu cepat makin pesat, munculnya online shop marketplace disertai fitur ecommerce yang sudah siap, seketika menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari dalam berbelanja.

Dan ini sungguh memudahkan serta menyenangkan. Tidak sedikit cerita sukses pelaku bisnis online shop yang sukses menggunakan platform marketplace.

Namun benarkah hal ini menjadikan alasan bahwa memiliki situs web bisnis sendiri tidak lagi penting? Menurut saya, jawabannya ada pada pertanyaan dibawah ini:

Tidakkah seorang pebisnis tertarik memiliki toko sendiri yang benar-benar dikelola mandiri dan menjadi besar?

Saya mengibaratkannya begini; memiliki toko online di dalam sebuah marketplace, misalnya disini kita sebut saja bahwa toko online ada di TokoPedia.

Ini seperti kita memiliki toko namun masih mengontrak di dalam sebuah mal atau pasar yang besar. Namanya mengontrak, maka kita terikat dengan aturan-aturan yang dimiliki pemilik mal atau pasar tersebut.

Nah, bila sudah menemukan alasannya mengapa lebih baik punya situs web bisnis sendiri bahkan membuatnya secara mandiri, maka kamu bisa teruskan membaca artikel saya ini.

Sebelum lebih jauh bagaimana cara membuat website bisnis mandiri menggunakan wordpress pakai plugin elementor, kita harus mengenal terlebih dulu, apa itu elementor?

Elementor Page Builder adalah sebuat alat atau tools, untuk membangun halaman-halaman di situs web berbasis wordpress.

Sebuah live page builder atau tools untuk mengelola, mendesain web, dsb dengan realtime/live yang juga menyediakan fitur desain high-end page, berkapabilitas tinggi.

Elementor Page Builder sangat cocok untuk pemula yang ingin membuat website secara mudah, praktis dan cepat.

Memiliki fungsi yang sama dengan page builder lain seperti Bakery Page Builder, KingComposer, Sitebuilder, Gutenberg, Brizzy dan lain-lain. Sebagai alat untuk membuat situs website wordpress secara mandiri sehingga menghasilkan sebuah web bisnis yang bagus dan keren sesuai selera.

Setelah mengenal Elementor, maka berikut ini langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk membuat website bisnis secara mandiri pakai elementor.

Install WordPress

Saya asumsikan kamu sudah memikirkan nama domain atau bahkan sudah memiliki domain dan hosting serta bisa mengaksesnya ke dalam root cpanel.

Bila tidak bisa mengaksesnya mungkin kamu bisa meminta tolong kepada teknisi yang sudah bantu membeli hosting domain tersebut atau langsung kepada penyedia jasanya.

Kalau belum punya pilihan penyedia jasa domain hosting, silahkan coba Hosting Dracoola.

Jika kamu sudah bisa masuk ke cpanel, maka segera temukan tombol menu installer wordpress di menu Softacoulus atau Auto Installer, biasanya nama bisa berbeda tergantung web hosting masing-masing.

Intinya temukan tombol instal wordpress di dalam cpanel dan dengan beberapa kali klik kamu sudah bisa membangun website wordpressmu secara otomatis.

Lihat gambar dibawah ini.

Install WordPress pakai Souftaculous

Selanjutnya bagaimana? Mari kita lakukan satu per satu langkah membuat situs web bisnis secara mandiri.

Langkah Bikin Situs Web Bisnis

1. Pasang Plugin Elementor

Setelah web wordpress terinstal, kamu bisa segera masuk ke dashboard melalui akses wp-admin yang kamu setup saat install. Kemudian cari menu tombol plugins dan add new, terus cari nama Elementor di kolom pencarian.

Add Plugin Elementor
Add Plugin Elementor

Setelah ketemu, kamu bisa klik install dan selanjutnya activated.

Instal dan Aktivasi Elementor
Install dan Aktivasi Elementor

Dan selamat datang di Elementor Page Builder.

Selamat Datang di Elementor
Selamat Datang di Elementor

2. Bikin Halaman Depan

Klik tombol Create Your First Page di halaman selamat datang Elementor, maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman kosong untuk membuat halaman depan.

Atur Halaman Depan

Disini kamu perlu mengatur halaman terlebih dahulu, bikin judul halaman dan pastikan mengubah setting halaman default ke dalam Elementor Full Width atau pun Elementor Canvas, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Setelah itu kembali lagi ke page builder.

3. Konek ke Template Library

Memulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Sendiri

Oh iya, sebelum bisa klik insert Pages template yang mau kita gunakan, harus daftar terlebih dahulu ke dalam situs web induk milik Elementor agar terhubung dengan Library Template mereka.

Setelah terdaftar maka kamu bisa langsung klik Insert template yang sudah kamu pilih.

Konek Elementor

4. Pilih Template Siap pakai

Klik tombol berbentuk icon untuk masuk ke dalam halaman library template Elementor. Disitu akan muncul tiga pilihan yaitu Blocks, Pages dan My Templates, klik Pages untuk memilih tampilan website dengan template yang akan kamu pakai untuk halaman depan.

Dalam contoh, saya menggunakan Pages template untuk tourisme yang gratis.

Add template

Di dalam library Elementor terdapat juga template bertuliskan Pro, ini artinya berbayar.

Kalau kamu butuh memilih template yang lebih kaya fitur dan tampilan desain lebih menarik, maka kamu bisa menggunakan opsi berbayar ini.

Pilih Template

5. Ubah Konten

Setelah terpasang template sesuai kebutuhan, silahkan ubah konten yang ada di template itu, sesuaikan dengan konten web toko atau jasa kamu masing-masing.

Untuk mengubah website, kamu bisa menggunakan tombol menu elementor yang ada di sebelah kiri tampilanmu.

Ubah Tampilan

Masukkan konten gambar produk, FAQ, alamat website atau alamat toko dan lain-lainnya.

Ada baiknya kamu sudah mempersiapkan konten yang akan dijadikan isi web, sehingga di titik ini kamu sudah bisa cepat membuatnya dan segera memiliki website.

Contoh tampilan website hasil dari cara bikin situs web bisnis menggunakan elementor bisa di lihat di web sewa hiace Jakarta milik Cipendawa Rent Bus ini.

Contoh hasil cara bikin situs web sendiri

Terus Apalagi?

Sudah, cukup sampai disini kamu sudah punya web bisnis pakai elementor. Sangat mudah bukan? Demikian cara bikin situs web bisnis secara mandiri dari saya.

Jangan lupa, daftarkan ke dalam mesin pencari agar website kamu bisa dikenali oleh google.

4 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved