Cara Tetap Fokus Pada Tujuan yang Sudah Ditentukan

Cara Tetap Fokus

Fokus dan tetap fokus, memiliki cara atau jalan tersendiri agar tetap pada jalur yang sudah ditentukan. Bukan sebuah pekerjaan mudah, butuh ketenangan serta kebiasaan yang dibangun terus menerus.

Sangat mungkin, tujuan bisa berubah ditengah jalan dikarenakan berbagai macam sebab yang mengganggu kita untuk tetap fokus. Maka dari itu, penting untuk memahami beberapa hal cara tetap fokus.

4 Cara Tetap Fokus

Fokus memang menjadi tantangan terberat bagi pelaku sebuah bisnis, terutama bagi orang-orang yang berada dalam posisi manajerial atau eksekutif.

Belum lagi ketahanan mental dalam menghadapi perjalanan panjang dari sebuah tujuan atau goal hasil perencanaan bisnis yang serba tidak instan.

Dyan William menuliskannya di dalam situs web lifehack, ada 7 strategi agar tetap super fokus terhadap tugas, prioritas dan misi sukses yang ingin didapatkan.

Saya sedikit memotong menjadi 3 cara tetap fokus:

1. Berani Menolak

Perjelas tujuan serta goal yang sudah direncanakan atau bahkan sedang dikerjakan, lupakan goal yang sudah lewat ataupun gagal kita rengkuh, dan perhatikan to-do list sesuai tenggat waktu.

Berani untuk menolak sesuatu yang datang namun berpotensi mengganggu tujuan, karena tidak selamanya ide bagus yang baru datang bisa menjadikan rencana kita jadi lebih baik, malah seringkali menjadi pengganggu.

Kembali atau tetap bertahan pada tujuan awal akan bisa membantu kita tetap fokus. Termasuk menolak keinginan mendapatkan sebuah hasil instan.

2. Tetap Fokus Hindari Politik Kantor

Hindari terlibat politik kantor, disadari atau tidak, berjalannya sebuah politik kantor akan sangat mengganggu tujuan-tujuan sebuah sukses. Karena kita akan sibuk berintrik dengan orang atau bisnis unit lain hingga meninggalkan tugas utama.

Tidak ada kebaikan yang muncul dari sebuah intrik buruk yang merebak dalam sebuah kantor atau perusahaan. Pun manakala kita mengargumentasikan ini sebagai sebuah kompetisi.

Kompetisi sudah tentu berbeda dengan politik, kompetisi akan membuat kita bersemangat membangun bisnis melalui tugas serta fungsi masing-masing namun politik seringkali berbicara sebaliknya.

3. Hindari Terlalu Banyak Rapat

Ini satu poin yang sering dilupakan, banyak yang berpikir makin sering merapatkan sesuatu maka makin bagus. Padahal sebaliknya. Semakin sering melakukannya makin besar kemungkinan gagalnya sebuah rencana.

Kita harus bisa memastikan poin-poin yang sudah disepakati, menguncinya dan segera mengerjakannya tanpa diganggu oleh ide-ide baru bahkan dengan alasan penyempurnaan sekalipun.

Kesempurnaan sebuah ide atau perencanaan sangat tidak penting diraih, apalagi bila itu hanya akan mengganggu jalannya sebuah goal perusahaan. Karena goal perusahaan tetaplah di atas kepentingan lain.

4. Selesaikan Secepat Mungkin

Mengapa harus menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin? Karena ini salah satu cara tetap fokus paling efektif. Dengan penyelesaian pekerjaan secara lambat, ini akan memberi celah penghambat baru untuk masuk.

Makin cepat waktu penyelesaian kita atau minimal sesuai jadwal, maka tujuan dan goal perusahaan akan lebih cepat teraih.

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved