Channel Management, Apakah Itu? Berikut Definisinya

Channel Management

Secara definisi istilah Channel Management atau Manajemen Saluran banyak digunakan dalam istilah pemasaran dan penjualan. Proses dalam channel management ini digunakan untuk mengembangkan berbagai teknik pemasaran serta strategi penjualan menjangkau pelanggan sebanyak mungkin.

Saluran ini menjadi penghubung atau jalur dalam membangun jalan keluar produk hingga bisa sampai ke tangan pembeli atau konsumen, serta mengembangkan hubungan yang lebih baik antara produk dengan para pelanggannya.

Secara deskripsi; Channel Management berperan dalam mengembangkan program penjualan dan melayani pelanggan dalam sebuah saluran tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk merampingkan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan.

Untuk melakukan penyaluran ini, perlu dibangun segmentasi saluran produk sesuai dengan karakter pelanggan atau target pasar, seperti; kebutuhan, pola pembelian, faktor keberhasilan dan lain-lain. Untuk kemudian menyesuaikan program yang mencakup sasaran sesuai kebijakan, produk, penjualan dan pemasaran.

Tujuan dari Channel Management adalah untuk menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan dari setiap saluran. Jika perusahaan mampu mencapai tujuan ini secara efektif, manajemen akan bisa memiliki gagasan yang lebih baik tentang saluran pemasaran mana yang paling sesuai dengan basis pelanggan tersebut.

Setiap lini bisnis, harus bisa menjabarkan bisnis model apa yang diinginkan dari setiap saluran (channel) dan juga secara jelas menentukan kerangka kerja setiap saluran tersebut sehingga bisa menghadirkan hasil yang diinginkan. Mengidentifikasi segmen populasi yang ditautkan ke setiap saluran juga membantu menentukan produk terbaik untuk ditawarkan ke saluran tersebut.

Menyelaraskan Perusahaan dengan Pelanggan

Saluran manajemen ini melibatkan semua strategi pemasaran dan penjualan yang digunakan perusahaan dalam menjangkau konsumen dan bagaimana membuat konsumen jadi nyaman, juga harus bisa menjadi saluran dalam mendukung mitra dalam proses distribusi hingga pelaksanaan.

Saat memunculkan channel management, penting untuk diperhatikan adalah: gol dari setiap channel. Dari setiap saluran adalah:

  • Mendefinisikan aturan serta prosedur dalam mengatur channel
  • Identifikasi produk mana yang sesuai yang bisa ditawarkan
  • Membangun program pemasaran dari setiap channel yang benar-benar dibutuhkan oleh target konsumen

Mengidentifikasi Channel Management Sebagai Solusi

Sebelum melakukan identifikasi sebuah channel management yang diharapkan bisa sesuai dengan bisnis, perhatikan gambaran besarnya dari setiap organisasi yang terlibat.

Komunikasi merupakan kunci untuk mendapatkan solusi dari elemen internal maupun elemen eksternal, sehingga bisa membantu kita menemukan gol dari perusahaan.

Contoh Channel Management

Beberapa tipe channel management adalah sebagai berikut:

  • Channel Arsitektur, sebuah kerangka dasar untuk memastikan bagaimana produk tersedia dan sampai pada konsumen.
  • Channel strategi, aspek ini melibatkan penjualan dan distribusi, seperti bagaimana agar bisa memperluas pasar.
  • Channel design, sebuah saluran yang dibangun agar kita lebih jelas mendapatkan gambaran besar dari awal hingga akhir distribusi.
  • Sales Management, pada divisi ini bagaimana melibatkan sales (penjual) dan rekanan lain. Termasuk didalamnya berapa komisi yang akan dibagikan atas keberhasilannya dalam menjual.
  • Channel Conflit, sebagai saluran utama apabila ada konflik didalam internal atau bahkan unit bisnis.
  • Relationship management, sebagai saluran untuk membangun hubungan di internal, rekanan, agen dan sejenisnya.
  • Dan lain-lainnya.

Sumber: ibuzzle.com

One Response

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved