• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Install Web WordPress Melalui Cpanel Hosting

Install Wordpress Menggunakan cPanel

Sebelum kamu mulai bikin web menggunakan wordpress, tentu saja harus install web wordpress melalui cPanel hosting atau perangkat lainnya. Namun disini saya akan fokus membahas install web wordpress menggunakan cPanel.

Apa itu cPanel?

Dikutip dari wikipedia:

cPanel adalah sebuah panel kontrol layanan hos web pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.

cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar.

cPanel Hosting

Dengan cPanel, mengelola rumah untuk web jauh lebih mudah karena terdapat tampilan antar muka yang memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan.

Tanpa cPanel maka pengguna butuh menggunakan kode-kode teks berisi perintah dalam mengkonfigurasi kebutuhan situs web. Dan biasanya, sysadmin program yang menggunakannya.

Di dalam cPanel, terdapat beberapa aplikasi seperti Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

cPanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau Virtual Private Server (VPS) yang menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, dan sejenisnya.

Saya merekomendasikan Dracoola Hosting, karena layanan customer service yang cepat dan tanggap.

Tampilan cPanel Web

Fungsi cPanel

cPanel merupakan sebuah program pengganti yang dibuat untuk memudahkan penggunanya, didalamnya terdapat fitur – fitur khusus mendukung kebutuhan sebuah situs web.

Dengan menggunakan cPanel, pengguna bisa mengkonfigurasi nama domain, domain name server hingga membuat email sesuai dengan nama domain situs web.

Pengguna juga bisa menyimpan serta melihat file atau berkas yang ada di dalam cPanel, hingga mengoptimasi situs web dari mulai kecepatan loading hingga mesin pencarian.

Pendeknya begini, kamu bisa melakukan semua ini melalui cPanel:

  • Install CMS seperti wordpress dan lain-lain
  • Bikin database baru atau mengatur yang sudah ada
  • Backup data situs
  • Memasukkan berkas ke server
  • Mengatur atau mengubah aturan keamanan
  • Bikin email sesuai situs web
  • Optimasi situs web

Dan banyak hal lagi bisa dilakukan di dalam cPanel, meski sebagian besar fitur di dalam cPanel tidak akan digunakan, namun cPanel memang di desain dengan kekayaan fitur.

Install Web WordPress Pakai cPanel

Setelah memahami pengertian dan fungsi dari cPanel, mari kita mulai membuat atau menginstall web wordpress sesuai kebutuhan kita. Sebelum menginstall tentu saja kamu harus masuk ke dalam dashboard cPanel.

Mulai Install web WordPress

Cek email yang kamu gunakan saat mendaftar domain hosting di penyedia layanan hosting, dan instruksi alamat URL cPanel ini bisa kamu lihat di email administrasi hosting tempat kamu mendaftarkan hosting web.

Mari kita mulai install web wordpress melalui cPanel.

Masuk ke cPanel

Ketik namadomain.com/cpanel atau cpanel.namadomain.com atau bisa juga menggunakan IP Address seperti 10.10.10.10/cpanel di bar address browser.

Ketik URL cPanel
Ketik URL cPanel di browser

Setelah kamu ketik di browser tekan enter, maka kamu akan masuk pada halaman login cPanel.

Halaman Login cPanel
Halaman Login cPanel

Masukkan username dan password yang dikirim oleh email administrasi web hoting ke dalam kolom username dan password, dan enter. Maka kamu masuk ke halaman dashboard cPanel.

Dashboard cPanel
Dashboard cPanel

Install WordPress Menggunakan Softaculous

Kamu sudah masuk ke dalam dashboard cPanel. Selanjutnya kamu scroll ke bawah meluncur ke menu Softaculous atau Auto Installer dan aplikasi sejenis yang mengindikasikan alat installer CMS web.

Klik Icon WordPress

Pilih menu wordpress yang ada di Softaculous dan kamu akan masuk ke halaman berikut ini:

Klik Install WordPress Now
Install WordPress

Setelah klik tombol Install New, maka kamu akan dibawa ke halaman berikutnya, isikan nama web dan tagline situs web sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Contoh:

  • Nama web: Catering Jakarta
  • Tagline: Murah Terjangkau dan Bergizi
Isi Nama Website
Isi nama web dan tagline

Scroll ke bawah, temukan kolom untuk username dan password yang akan kamu gunakan nanti mengoperasiokan situs web. Buatlah nama username mudah di ingat dan password yang unik.

Isi Kolom Username
Isi username dan password serta email

Kemudian scroll lagi ke bawah dan temukan tombol install dan proses instalasi wordpress akan segera berlangsung. Alamat email untuk detil instalasi boleh di isi dan boleh tidak di isi.

Klik Tombol Install
Klik install

Proses instalasi akan terlihat seperti ini, akan lebih bagus jika proses instalasi wordpress dan penggunaan cPanel ini kalian catat sendiri.

Proses Install WordPress
Proses instalasi wordpress

Proses install web wordpress biasanya berjalan 1-3 menit, kalau kondisi koneksi internet bagus bisa kurang dari 1 menit. Setelah proses instalasi wordpress selesai, maka kamu akan masuk ke halaman selanjut:

Install WordPress Sukses
Instalasi sukses

Install web wordpress Sukses

Mudah bukan? Melalui proses ini, instal situs web menggunakan wordpress melalui cPanel sudah selesai. Selanjutnya kamu bisa memulai membangun halaman rumah, tentang, produk, kontak dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Untuk kebutuhan tampilan situs web keren, ringan dan cepat jadi, kamu bisa memilih beberapa plugin Page Builder seperti Beaver Builder, SiteOrigin, Divi, Elementor, Visual Composer dan lain-lain.

Saya sangat menyarankan kamu menggunakan plugin Elementor untuk membuat tampilan situs web wordpress, cara pembuatannya bisa dilihat pada tulisan tentang Membangun Web Usaha Menggunakan Elementor.

Salam sukses.

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved