Kebun Semampir, Inisiasi Anak Petani Membangun Pertanian

Kebun Semampir T-Shirt

Apa itu Kebun Semampir? Adalah sebuah nama tempat sekaligus inisiasi gerakan membangun pertanian dimulai dari titik nol. Sebuah perjalanan nekad dari sekelompok anak-anak Petani di Kabupaten Batang yang ingin kembali menghidupkan warisan generasi sebelumnya.

Kebun Semampir akan menjadi sebuah tempat contoh bertani dari mulai sertifikasi lahan, cara bercocok tanam, perawatan hingga paska panen dengan skala prioritas beberapa komoditi. Disini akan ada berbagai macam pembelajaran bertani dengan target standar kualitas dan kuantitas produk hasil pertanian.

Berdasar pada data yang menyebutkan bahwa produk pertanian di Indonesia secara keseluruhan tidak memiliki konsistensi mutu dan kuantitas, maka sangat penting untuk membangun standarisasi produk dari hulu hingga hilir.

Untuk mendukung gerakan membangun kualitas dan kuantitas produk, tim Kebun Semampir juga membuat riset dan pengembangan pupuk sebagai penyerta dalam pemupukan tanaman supaya tercapai hasil maksimal, yang tentu juga disertai standar operasi dan prosedur sesuai aturan Kementerian atau badan pangan dunia.

Mengapa Kebun Semampir?

Sangat tidak sengaja, lokasi pembuatan lahan percontohan ini ada di sebuah desa bernama Semampir yang memiliki geografi letak mendekati pertengahan dari total luas Kabupaten Batang di Jawa Tengah. Maka kemudian tersebutlah nama #KebunSemampir.

Inisiasi kecil ini dilakukan karena dorongan besar agar masyarakat Batang secara khusus bisa menjalankan kehidupan pertaniannya lebih maksimal dan bermanfaat banyak bagi keluarga baik masa sekarang maupun masa depan. Dan secara umum, bisa memberi dampak positif bagi daerah disekitarnya.

Alpukat Kebun Semampir

Komoditi Prioritas Kebun Semampir

Ada beberapa komoditi prioritas yang masuk dalam program standarisasi awal dari tim #KebunSemampir, beberapa komoditi tersebut adalah:

  • Tanaman Buah Alpukat
  • Tanaman Buah Melon
  • Tanaman Buah Jeruk
  • Tanaman Jahe Gajah
  • Tanaman Kapulaga
  • Tanaman Kunyit

Beberapa komoditi ini akan ada di lokasi kebun percontohan Semampir yang terpetak dengan skala kecil sebagai ladang contoh yang bisa dilihat oleh para petani di Batang secara hasil. Untuk buah Melon dan buah Jeruk, lokasinya terpisah dari ladang Semampir.

Pemasaran Produk Komoditas

Manajemen Kebun juga menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan pemasaran hasil produk standarisasi, karena bagaimana pun ini merupakan hal yang paling sulit diakses oleh para petani. Bekerja sama dengan banyak pihak, mereka bergerak membangun jaring pemasaran untuk menampung hasil produksi.

Melon Kebun Semampir

Wisata Petik Buah

Tim #KebunSemampir juga membuat program Wisata Petik Buah bagi masyarakat sekitar sesuai dengan jadwal panen tanaman buah-buahan yang ada dalam perawatan program standarisasi kualitas produk. Program wisata ini tentu saja merupakan bagian dari edukasi tentang buah-buahan.

Selain itu, memberi gambaran serta mengajak masyarakat selain hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan, juga sekaligus memberi gambaran kepada masyarakat untuk mau bertani dan menghidupkan pertanian yang terbukti tahan banting terhadap situasi pandemi.

Salam Kreatif.

2 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved

Mari Tertawa
Bahagia.

Ikuti Saya