• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Ciri Pengusaha Pemula: Ketagihan Mengejar Peluang

Karakter Pengusaha

Mengejar peluang itu penting, namun bila terus mengejar peluang yang bermunculan tanpa mencoba tahu mana peluang terbaik bagi usaha yang sedang dijalaninya. Ini akan menjadi permasalahan bagi kelangsungan perjalanan usaha itu sendiri. Pebisnis perlu menetapkan satu bidang usaha untuk dijadikan pondasi alur pendapatan yang kuat dan bagus sebelum mengejar peluang lain.

Pemikiran mengejar peluang seperti ini banyak jadi masalah bagi banyak pengusaha terutama pengusaha pemula. Anda mengejar kesempatan / peluang yang datang, sementara satu peluang ini belum selesai hingga tuntas, Anda sudah mengejar peluang yang lain. Dan ini berlangsung dengan putaran yang berkelanjutan.

Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan kecanduan mengejar peluang (opportunity):

1. Buat Daftar Peluang

Satu hal yang paling menakutkan bagi orang yang kecanduan mengejar peluang adalah Takut Kehilangan. Mereka berpikir bahwa setiap peluang adalah sesuatu yang harus segera dikejar, mereka berpikir bahwa peluang hanya datang satu kali.

Seringkali muncul pertanyaan: Bagaimana kalau peluang ini bisa membuatku berhasil?

Maka mulailah membuat Daftar Peluang yang bermunculan. Tambahkan setiap peluang yang datang ke dalam daftar peluang. Dengan begini Anda tidak perlu lagi takut akan kehilangan peluang. Namun bila peluang itu adalah sesuatu yang bersifat satu kali tembak, silahkan perhatikan apakah peluang tersebut akan mengganggu atau tidak dengan bangunan peluang yang sedang Anda besarkan.

2. Evaluasi Peluang

Buat susunan daftar kriteria dari setiap peluang yang sudah tercatat, kemudian lakukan proses pencatatan dari setiap peluang tersebut dengan semua kemungkinan-kemungkinan yang bisa dilakukan atau yang akan terjadi bila sudah dijalankan hingga muncul peluang paling potensial bagi diri kita.

3. Singkirkan Peluang yang bersifat Segera

Peluang yang bersifat segera, biasanya akan menghapuskan bangunan peluang yang sedang dibangun, minimal men-delay peluang sebelumnya. Dan effort yang dilakukan untuk mengejar peluang dengan sifat seperti ini, tanpa sadar justru bisa menghilangkan fokus dari peluang sebelumnya.

4. Satu Peluang pada Satu Waktu

Biasakan untuk menjalankan usaha dengan satu peluangnya sebagai prioritas Anda dalam satu waktu yang sudah ditentukan. Ini adalah usaha untuk menjaga fokus, menghilangkan khawatir akan kehilangan peluang lain, sehingga usaha dengan peluang yang sedang Anda bangun bisa muncul dan benar-benar menjadi “sesuatu”.

5. Hindari Tempat yang sering memunculkan Peluang

Setiap peluang selalu mengintai dan akan muncul kapanpun. Namun bila peluang / kesempatan terus menerus muncul sementara masih ada peluang yang sedang dalam proses dibangun, itu bahaya. Tidak semua orang bisa menangkap semua peluang. Anda akan kehausan bila semua harus bisa ditangkap. Jika belum kuat untuk berprinsip dengan bisnis yang dimiliki sendiri, maka hindari tempat yang bisa memancing keinginan mengejar peluang itu muncul.

Yakinlah, peluang akan selalu ada. Akan ada peluang baru yang datang saat kita membutuhkannya.

Salam Sukses.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

5 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved