Kunci Penting Hidup Sukses, Perilaku Baik dan Sopan Santun

Kunci Hidup Sukses Ajining Diri Soko Lathi

“Dasar tolol, bangun dulu terus minum kopi biar nggak bodoh…”

Saya kaget dengan komentar ini, komentar yang ditujukan ke postingan saya di sebuah grup fesbuk. Niat ingin berbagi pengalaman atau ilmu tentang apa yang menjadi kegiatan serta keahlianku. Serasa dihempaskan keras ke tempat duduk dengan kasar.

Saya paham kok ucapan serta perilaku kasar dari netizen di sosial media, namun itu saya pikir hanya untuk status atau tulisan yang berhubungan dengan politik. Tidak menyangka juga ternyata di tulisan atau status tentang bisnis maupun pengembangan sebuah ide akan mendapatkan komentar sesadis itu :D.

Menjaga Diri dan Sopan Santun

Sepertinya generasi sekarang tidak banyak yang memahami bahwa kunci penting hidup sukses ada pada kerendah-hatian, sopan santun dan kemampuan mendengar. Sebuah kunci dasar yang akan dibutuhkan menatap masa depan.

Orang Jawa memiliki filsafah “Ajining Diri Soko Lathi = Harga Diri Berasal dari Lidah”. Lidah dalam hal ini bisa diartikan sebagai ucapan, bila dihubungkan dalam konteks bersosial media maka bisa menjadi tulisan baik komentar maupun unggahan status.

Kemampuan netizen Indonesia dalam menghargai diri sendiri dengan menjaga ucapan/tulisan di sosial media begitu rendah, hingga bermunculan orang-orang merasa benar sendiri, bahkan mudah memaki orang lain yang ironisnya kenal pun tidak.

Menjaga diri melalui perilaku serta sopan santun yang baik merupakan pelindung agar kita tetap selamat, selamat selama di dunia maupun akhirat. Mengapa? Karena ucapan atau tulisan buruk bisa melukai perasaan orang lain dan ini bahkan bisa mengakibatkan diri kita masuk penjara, lebih gawat lagi bila tidak mendapatkan maaf dari orang yang kita caci maki maka di akhirat pun jalan masuk surga jadi sulit.

Kunci Penting Hidup Sukses

Saya sering ditanya oleh saudara, tetangga maupun teman-teman di kampung. Apa yang menjadikanku bisa hidup sukses di Kota Metropolitan dengan tanpa modal. Jawaban saya, ada 3 kunci penting hidup sukses dan salah satu kunci sukses utama yang saya pegang adalah: “berperilaku baik terhadap orang lain”.

Dengan menerapkan perilaku baik maka kita tidak akan memiliki pikiran buruk terhadap orang lain atau memandang rendah orang lain yang belum kita kenal. Bisa jadi orang yang belum kita kenal tersebut ternyata bisa sangat membantu di kemudian hari atau bahkan jadi pelanggan terbesar produk usaha kita.

Saya yang berasal dari lingkungan yang penuh negatif, lingkungan yang suka merasa lebih pintar dari orang lain, dan lingkungan yang orang-orangnya merasa punya hak untuk merendahkan serta menilai buruk hanya berasal dari sekali lihat atau penilaian masa lalu, harus berjuang sangat keras untuk memenangkan diri dari karakter tersebut saat memulai petualangan di kota metropolitan ini.

Saya memaksa diri belajar mendengar, belajar menahan diri tidak berkomentar sok tahu atau sok pintar terhadap orang lain hingga belajar keras menahan ucapan kasar meluncur dari mulut atas kejadian apapun. Sebuah pelajaran yang sungguh tidak mudah, mengubah sesuatu yang sudah dua puluh tahun lebih menjadi keseharian.

Tidak berarti bahwa saya menyalahkan lingkungan dimana saya dididik dan besar ya, lebih banyak hal positif yang saya dapat, namun saya perlu memulai untuk mengkampanyekan perubahan bahwa kita “tidak boleh membenarkan yang biasa tapi membiasakan yang benar”.

Dan kalau kamu tidak memiliki apapun, berbuat baik serta jaga ucapan, maka saya sangat yakin kamu akan tetap hidup sukses dengan kebaikanmu itu.

3 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved

Mari Tertawa
Bahagia.

Ikuti Saya