• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Manfaat Lingkungan dan Teman dalam Bisnis

Ukuran Sepatu Sendiri

Suatu hari saat saya bermain golf, begitu bertemu sama caddy pembawa alat, saya langsung meminta “Pak, nanti apapun hasil pukulan saya, tolong untuk tidak berkomentar ya kecuali saya meminta pendapat”.

Bermain golf butuh konsentrasi serta suasana yang menyenangkan karena mengarahkan bola sangat bergantung kondisi pikiran. Dan juga tentang cara memukul bola setiap orang berbeda-beda, sehingga saya berharap caddy tidak mempengaruhi cara memukul saya. Hanya saja sesekali saya butuh mengambil teknis yang mungkin saya belum tahu, yang itu bisa saja saya ambil dari siapapun.

Begitu juga dengan bisnis. Membutuhkan konsentrasi serta suasana yang menyenangkan, minimal dalam diri pebisnis tersebut. Meng-gol-kan bisnis atau membangun produk sangat membutuhkan konsentrasi, konsistensi dan komitmen untuk “bermain”. Bermain yang pantang berhenti sebelum selesai, seperti anak kecil yang baru memiliki kesenangan hanya berhenti setelah dihentikan oleh orangtuanya.

Teman atau siapapun tidak berhak mempengaruhi cara bermain, biarkan saja mereka bicara karena mereka hanya bisa bicara dengan berbagai alasan yang juga tidak perlu diketahui. Bila sudah sangat mengganggu, tinggalkan. Namun sesekali meniru atau mengadopsi ilmu sangatlah dianjurkan.

Seminar apapun, diskusi apapun, sekolah apapun tidak akan menghasilkan apapun tanpa konsentrasi dan konsistensi untuk membangun bisnis. Faktor lingkungan / pergaulan hanya sebagai tempat untuk tetap memelihara semangat.

Setiap pebisnis memiliki karakter pribadi masing-masing, berbeda cara berpikir dan cara bermainnya, sebagai pebisnis pertahankan cara yang dianggap benar sampai pada titik tertentu harus mengubahnya. Sebagai teman, berhenti mempengaruhi apalagi memaksa untuk sama dengan dirinya.

Sebagai pasangan dari pebisnis, menciptakan suasana saling mendukung serta membangun ketenangan sangatlah penting. Tidaklah mudah menerima kondisi dan ekonomi yang sangat lemah bahkan minus. Namun keberhasilan memang dibangun melalui tangga-tangga kegagalan, dan kesediaan untuk menerima kegagalan dalam berbisbis merupakan pondasi yang memperkuat visi misi ke depan.

Selamat pagi kopi, jangan kau lupakan pelengkapnya.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

One Response

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved