• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Mengapa Kita Butuh Ilmu Data (Data Science)?

Data Science

Data science atau bisa disebut ilmu tentang Data, muncul menjadi salah satu profesi baru yang banyak dibutuhkan oleh beragam perusahaan. Sebuah disiplin akademis baru dikarenakan kebutuhan ketrampilan yang langka. Uniknya, Ilmu Data ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang spesifik untuk mempelajarinya. Seseorang dengan disiplin ilmu umum seperti psikologi pun bisa mempelajarinya.

Situs Linkedin sendiri dalam risetnya mempublikasikan bahwa Ilmu Data (data science) adalah profesi paling Hot dan dibutuhkan dalam dunia industri di tahun-tahun ini. Kehadiran ilmu data ini dengan cepat direspon oleh banyak lembaga pendidikan, terutama universitas-universitas besar diberbagai belahan dunia. Mulai banyak universitas yang menawarkan program pascasarjana untuk Ilmu data (data science).

Sangat menarik untuk dicerna, munculnya disiplin baru yang besar ini, mengingatkan saya akan munculnya ilmu komputer di tahun 1960an. Seperti juga ilmu data yang memiliki hubungan dengan berbagai disiplin ilmu, ilmu komputer juga memiliki keterkaitan dengan berbagai bidang seperti matematika, teknik dan manajemen. Dan mulai bisa dirasakan pergeseran ketertarikan ini dalam hal pekerjaan maupun studi keilmuan.

Sebenarnya apa itu ilmu data? Profesor Vasant Dhar dari New York University mengatakan bahwa ilmu data adalah dasar dari pemahaman akan pengetahuan data serta ekstraksinya. Para pelaku riset dan analitik sudah menggunakan statistik dengan metode terkait akan ini, namun statistik data yang muncul dalam jumlah sangat besar harus bisa dipahami lebih mendalam dan ini memunculkan ilmu pengetahuan yang baru yaitu ilmu data.

Analisis data digunakan untuk menjelaskan fenomena dengan mengekstraksi beberapa pola dan menarik data dari beberapa individu dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dirumuskan. Ilmu data digunakan untuk menemukan dan mengekstraksi hasil dengan menindaklanjuti data yang bermunculan, kemudian membuat prediksi hingga sebuah keputusan, tidak sekedar menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Bahan baku data sangat heterogen dan tidak terstruktur, dari mulai jenis teks, gambar hingga video. Ilmu data tidak hanya bisa digunakan untuk menganalisa data namun juga untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang dengan harapan bisa memunculkan wawasan baru untuk masa depan.

Ilmu data ini menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memprediksi banyak hal di masa depan, terkait dengan produk maupun layanannya. Ilmu data bisa menjadi alat untuk menemukan solusi dan value proposition seiring dengan perubahan jaman dan teknologi. Maka ilmu ini sangatlah penting dipelajari bagi pengampu organisasi baik perusahaan maupun self employee.

Selamat belajar dan salam kreatif.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

3 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Iman Brotoseno Dirut TVRI

Blogger Senior jadi Direktur Utama TVRI

Pernah dengar Pesta Blogger? Atau pernah nonton film 3 Srikandi yang bercerita tentang 3 atlit panah nasional berikut dengan perjuangannya? Nah, aktor utama dibalik Pesta

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved