• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Mengolah Ide dan Lebih Kreatif

Cara Bahagia

Di sebuah bisnis, dibutuhkan kemampuan yang bagus untuk bisa melihat atau mencerna dinamika serta fenomena yang berkembang. Sehingga bisa memunculkan ide-ide serta inovasi yang lebih bagus, tepat guna dan sasaran. Menentukan ide, mengolah ide bahkan mengembangkan ide bisa dimulai dengan membuat langkah yang sederhana guna memetakan serta memunculkannya.

Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk mengamati, me-reka ulang dan menentukan sebuah ide;

1. The Status

Letakkan posisi produk atau mungkin pikiran, ke dalam situasi yang sedang berlangsung saat ini (status quo). Amati dan lihat bagaimana produk bisnis kita dalam pandangan masyarakat atau konsumen. Atau bisa juga mengamati kemungkinan memecah belah bundling dalam sebuah bisnis. Kejadian apa yang sedang berlangsung, bisnis apa yang sedang marak, produk apa yang lagi tren dan letakkan atau kaitkan dalam posisi bisnis/produk kita.

2. The Observation

Lakukan observasi konkrit dengan mengedepankan metode Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Apa (what) berguna untuk mengetahui kebutuhan konsumen akan produk. Mengapa (Why) berguna untuk mengedepankan ide atau argumentasi akan situasi yang dibutuhkan dari sisi konsumen. Bagaimana (how), berguna untuk mendapatkan solusi yang tepat guna.

3. The Story

Cerita apa yang sering muncul di masyarakat. Gali dan temukan kalimat yang bisa mendeskripsikan kebutuhan tersebut.

Selamat berkarya dan sukses selalu.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

2 Responses

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Iman Brotoseno Dirut TVRI

Blogger Senior jadi Direktur Utama TVRI

Pernah dengar Pesta Blogger? Atau pernah nonton film 3 Srikandi yang bercerita tentang 3 atlit panah nasional berikut dengan perjuangannya? Nah, aktor utama dibalik Pesta

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved