• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Perjalanan Memperkenalkan Sistem Informasi Akademik di Makassar

3 tahun berinvestasi dalam pembuatan produk untuk Alurkria.net, maka di tahun 2016 ini, saya fokus untuk berinvestasi memperkenalkan produk sistem informasi ke berbagai wilayah di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Sistem informasi merupakan sistem yang jelas sangat dibutuhkan oleh banyak lembaga maupun organisasi pemerintahan.

Di Indonesia, lembaga maupun organisasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi sistem informasi masih perlu untuk di edukasi. Dengan kebutuhan sistem informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok agar setiap lembaga baik pemerintahan, perusahaan negara maupun swasta hingga organisasi lainnya sudah perlu untuk menggunakan serta memanfaatkan sistem informasi. Begitu juga dengan Perguruan Tinggi, sudah sangat penting untuk memiliki sistem informasi akademik, selain untuk meningkatkan akreditasi dan juga mengembangkan kampus menjadi lebih baik.

Dengan sistem informasi, pengelolaan data hingga pelaporan akan lebih mudah dan cepat. Ini sangat membantu meningkatkan daya saing apalagi bergulirnya MEA yang tidak mungkin lagi bisa dilawan. Pengelolaan data yang cepat akan memudahkan dalam pembuatan kebijakan yang diperlukan ke depan, pelaporan yang mudah akan membantu mempercepat pengambilan keputusan demi kemajuan yang lebih jauh lagi.

Dalam perjalanan memberikan edukasi serta memperkenalkan sistem informasi di Makassar, saya banyak menemukan kebutuhan besar akan sistem informasi ini. Makassar adalah barometer Indonesia Timur, maka apa yang terjadi di Makassar sedikit banyak akan mencerminkan keadaan dan kondisi daerah lain di kawasan Indonesia Timur bahkan bisa jadi lebih buruk.

Disini, saya memperkenalkan sistem informasi akademik dan mencoba memberikan hal-hal penting mengapa harus menggunakan sistem informasi akademik. Saya temukan bahwa disini pengetahuan tentang sistem informasi akademik sebenarnya sudah banyak yang paham namun sayangnya tidak banyak yang menjalankannya. Sementara, sistem ini merupakan kebutuhan mereka sendiri.

Perjalanan memperkenalkan sistem informasi akademik ini juga diiringi sekaligus dengan memperkenalkan sistem informasi pembangunan desa, sistem informasi perencanaan daerah dan sistem informasi lainnya. Perjalanan yang masih panjang, mengedukasi serta memperkenalkan hal-hal yang masih belum dianggap menjadi prioritas.

Indonesia merupakan pusatnya Asia Tenggara, dengan penduduk yang begitu banyak, tentu akan sangat disayangkan apabila tertinggal oleh negara-negara tetangga khususnya negara tetangga di Asia Tenggara.

Salam kreatif.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Iman Brotoseno Dirut TVRI

Blogger Senior jadi Direktur Utama TVRI

Pernah dengar Pesta Blogger? Atau pernah nonton film 3 Srikandi yang bercerita tentang 3 atlit panah nasional berikut dengan perjuangannya? Nah, aktor utama dibalik Pesta

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved