Luhut Binsar Panjaitan

Sore yang Seru, Buka Bersama Luhut Binsar Panjaitan

Bertempat di Gedung BPPT I, Pak Luhut Binsar Panjaitan (LBP) mengundang teman-teman penggiat sosial media untuk berbuka bersama beserta beberapa pejabat di Kementerian Koordinasi Maritim. Dan saya mungkin salah satu yang beruntung bisa datang .

Masih dalam suasana selesai Pilpres, maka sudah tentu pembicaraan pun tidak bisa lepas dari situasi dan kondisi terkini selepas Pilpres 2019 yang secara hitungan sementara dimenangkan oleh Bapak Joko Widodo (Jokowi), sekaligus sebagai petahana yang akan melanjutkan pemerintahan periode ke dua.

Banyak candaan yang meluncur dari setiap dialog antara Pak LBP dengan teman-teman penggiat sosial media. Tentu saja suasana pun menjadi gayeng, ditambah dengan makanan buka puasa yang segera habis sementara masih banyak yang kelaparan. Entah karena perut teman-teman yang menyimpan naga atau memang panitia yang kurang banyak menyiapkannya.

Dalam salah satu sesi, Pak LBP meminta atau lebih tepatnya menitipkan pesan kepada teman-teman sosial media untuk giat menyuarakan serta mengkampanyekan kedamaian. Ditengah realitas munculnya pihak-pihak yang ingin memanaskan suasana menjelang pengumuman pemenang Pilpres oleh KPU pada tanggal 22 Mei 2019 nanti.

Sangat penting bagi semua orang untuk berpikir dengan kepala dingin, serta mengedepankan kepentingan nasional yang jauh lebih besar yaitu negara ini sendiri. Tidaklah layak kita mengobarkan kerusuhan dan mengorbankan persaudaraan demi nafsu segelintir orang yang ingin memaksakan kehendaknya dalam kontestasi pemilihan presiden ini.

Pemerintah menjanjikan keseriusan dalam penanganan situasi saat pengumuman pemenang Pilpres nanti, oleh karenanya teman-teman sosial media diharapkan bisa ikut mendinginkan suasana dari sisi kehidupan sosial dunia maya yang mirip hutan belantara ini.  Sebagai masyarakat heterogen dan beradab, maka sangat penting untuk mencari klarifikasi atas semua kabar berita.

Yap, seperti yang kita tahu, setiap hari bermunculan berita hoax bahkan kabar fitnah hingga intimidasi yang berkaitan dengan situasi pilpres ini. Tentu saja selain menggantungkan pada kesigapan pemerintah, kita sebagai masyarakat dunia maya juga wajib untuk ikut membantu pemerintah dalam menangani situasi dan kondisi apapun yang bisa mungkin terjadi.

Tidak lupa beliau berpesan agar semua tetap beraktivitas seperti biasanya. Siapapun orangnya, kembali menjadi diri sendiri sebagai bentuk sumbangsih kepada negeri Indonesia yang gemah ripah loh jinawi ini. Maka saya pun kembali menjadi penggiat bisnis transportasi seperti biasa, dan menjajakan jualan produk jasa ini sana sini.

Sore yang seru itu ditutup dengan sesi foto bersama, tentu saja Pak LBP menjadi bintang foto sore itu. Dan saya tidak berhasil berfoto secara langsung dengan beliau, karena badanku yang ringkih kecil ini tak mampu mendesak apalagi menyeruak ke dalam kerumunan berfoto.

Salam kreatif

Leave a Reply

%d bloggers like this: