• Aku menulis karena lidahku menahan rindu

Sustainable Income – Pendapatan Berkelanjutan

Karakter Pengusaha

Fokus pada konsumen, terkadang lebih cukup untuk meningkatkan keuntungan bagi usaha kita. Seperti yang dilakukan banyak perusahaan, dimana memiliki pertumbuhan riil pertahunnya dari mempertahankan atau memanjakan pelanggan yang sudah ada. Bukan berarti tidak mencoba menarik pelanggan baru, namun bila produk kita bisa menampilkan banyak hal yang bisa membuat pelanggan/konsumen merasa nyaman, maka bukan tidak mungkin mereka akan lebih cepat kembali atau mereferensikan kepada orang lain. Menjaga sustainability akan lebih berdaya imbas yang besar.

Dalam business model generation, dikenalkan sebuah alat yang bernama Peta Empati (Empathy Map). Apa itu Empathy Map? secara singkat adalah peta yang memberikan arah dimana saja letak empati yang bisa kita dapat dari pelanggan. Kita butuh untuk terus bisa menggali apa yang dibutuhkan oleh Konsumen/pelanggan dan segera merubahnya menjadi sesuatu yang diinginkan, dibutuhkan dan menjadi solusi bagi mereka.

Pelanggan/konsumen bukan lagi sekedar sebuah asset, namun juga bagian integrasi dari produk dari bisnis kita. Melibatkan mereka menjadi sebuah cara yang praktis lebih murah dibandingkan melakukan riset dan development yang terlalu detail namun belum tentu diterima oleh mereka. (Lihat artikel tentang Point of View).

Setiap produk memiliki perilakunya masing-masing, begitu juga dengan pelanggan/konsumen. Mereka tentu mempunyai banyak hal yang menjadi dasar untuk mereka membeli, tetap membeli dan (mudah) mereferensi kepada temannya, bahkan tanpa sadar. Sebegitu juga bila produk atau pelayanan kita buruk 🙂

Buatlah indicator yang bisa membantu diri kita lebih jauh mengeksplorasi kebutuhan pelanggan/konsumen. Sehingga bisa mendapatkan pendapatan berkelanjutan dan perusahaan bisa terus berjalan. Dan tetaplah terus berkreatifitas.

Salam kreatif.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

4 Responses

  1. Memanjakan pelanggan lama dan menjaring pelanggan barus sehingga kegiatan usaha berkelanjutan, tentu membutuhkan pengetahuan dan tehnis tertentu. Dua-duanya harus sejalan. (IMO)

Leave a Reply

Terkait

Ini Nyambung Loh..

Iman Brotoseno Dirut TVRI

Blogger Senior jadi Direktur Utama TVRI

Pernah dengar Pesta Blogger? Atau pernah nonton film 3 Srikandi yang bercerita tentang 3 atlit panah nasional berikut dengan perjuangannya? Nah, aktor utama dibalik Pesta

Mulai Cara Bikin Situs Web Bisnis Mandiri

Gratis Bikin Tampilan Web untuk UMKM

Untuk menghibur teman – teman pengusaha UMKM yang terkena dampak wabah corona, saya ingin memberikan Hadiah Gratis berupa mempercantik tampilan situs web profil usaha. Syarat:

Langkah Membangun Bisnis

5 Cara Membangun Bisnis Tanpa Modal

“Pak, saya ingin berbisnis tapi tidak punya modal”, tanya seorang mahasiswa. Sebuah pertanyaan wajar dan sering saya temui saat berbicara mengenai bagaimana cara membangun bisnis,

Silaturahmi sangat Berharga - Terima kasih

© 2020 All Rights Reserved